LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

Manfaat Wudhu – Wudhu merupakan hal yang wajib dilakukan oleh kaum muslim sebelum menjalankan ibadah sholat. Wudhu tentunya merupakan hal baik yang dapat memberikan pahala dan manfaat bagi yang melakukannya. Wudhu sebagai salah satu cara bagi umat muslim untuk mensucikan diri dengan cara membasuh bagian tubuhnya.

Dalam Al-Quran pun dijelaskan dalam kalimat berikut ini

Hai orang-orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah muka, tangan, sampai sikumu, dan sapulah kepalamu, serta basuhlah kakumu hingga kedua mata kaki.’ (QS. Al-Maidah: 6).

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui manfaat Wudhu. Berikut telah kami rangkum 7 manfaat wudhu yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Wudhu bagi Umat Muslim

  1. Dilindungi dan Dijaga Malaikat

Manfaat wudhu yang pertama adalah dilindungi dan dijaga Allah serta didoakan oleh Malaikat. Dengan Anda melakukan wudhu, maka akan membuat diri kita lebih tenang dan dijauhkan dari syetan. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW “Bila engkau hendak mendatangi pembaringan, hendaknya engkau berwudhu terlebih dahulu sebagainya wudhumu untuk melakukan shalat” (HR Bukahri dan Muslim).

Artinya mereka yang tidur dalam keadaan suci, telah berwudhu maka malaikat akan menyertainya dan menjaganya.

Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

  1. Dicintai oleh Allah SWT

Barang siapapun yang telah berwudhu artinya ia dalam keadaan suci  serta bersih dari kotoran. Allah sangat menyukai kebersihan, jadi ketika Anda dalam keadaan bersih dan suci, maka Allah akan mengasihimu dan orang-orang yang bersih. Seperti yang telah disabdakan dalam QS. Al-Baqarah: 222 yang berbunyi “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang telah bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri”.

Baca juga : Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Manusia

  1. Membuat Wajah menjadi Cerah

Manfaat wudhu yang lain adalah bisa membuat wajah kita menjadi cerah. Wajah akan bercahaya seiring dengan dibasuh oleh air wudhu. Bahkan, dipercaya salah satu cara membuat wajah cerah secara alami dalam islam yaitu dengan berwudhu.

Bahkan ketika di akhirat nanti, orang yang sering melakukan wudhu akan memiliki wajah yang cerah, bersinar, dan bercahaya. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW berbunyi “Sungguh umatku akan diseru di hari kiamat nanti dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya, maka siapapun yang mampu melebihkan panjang sinar dalam tubuhnya maka lakukanlah”.

  1. Penghapus Dosa

Air wudhu tidak hanya bisa bisa membersihkan wajah, namun dapat juga menghilangkan dosa-dosa ringan dalam diri seseorang.

  1. Menyegarkan Hati dan Pikiran

Dengan berwudhu bisa merilekskan otot-otot yang tegang dalam diri kita. Sehingga mampu menyegarkan hati juga pikiran. Ketika Anda sedang merasa penat, wudhu merupakan salah satu cara yang cocok untuk dilakukan, sehingga pikiran akan fresh kembali.

  1. Menyehatkan Tubuh

Percayakah Anda, bahwa wudhu bisa menghilangkan kegelisahan, stress, dan depresi yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Dengan berwudhu maka tubuh kita akan segar dan sehat, sehingga mengurangi resiko-resiko terhadap berbagai penyakit.

  1. Meredam Amarah

Manfaat wudhu yang terakhir yakni meredamkan amarah. Saat kita marah, tentu pikiran terasa kacau, maka saat itulah lebih baik Anda berwudhu untuk menenangkan pikiran dan meredamkan amarah.

Baca juga : Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat Kelak

Nah, itulah sekelumit manfaat wudhu yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan mengerti manfaat-manfaat di atas, Anda lebih rajin dalam berwudhu sebagai bentuk menjalankan ajaran agama. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.