Inilah 5 Negara yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik

0
168

Sistem pendidikan terbaik saat ini sudah dimiliki oleh banyak negara. Karena pendidikan sendiri termasuk hal yang sangat penting, terutama untuk kehidupan seseorang. Tidak hanya berperan besar bagi kemajuan dan perkembangan bangsa saja. Tapi bangsa yang maju dan bangsa yang besar ini ditunjang dengan kualitas pendidikan pendidikan yang memadai untuk warganya.

Pendidikan juga termasuk hal yang paling pokok dan perlu diberikan kedudukan tinggi. Karena dengan pendidikan sistem terbaik, maka negara tersebut akan memiliki perkembangan dan kemajuan yang lebih cepat.

baca juga : Tips menghadapi ujian nasional efektif

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Korea Selatan

Korea Selatan ini berada pada posisi pertama dan sudah berhasil mengalahkan Jepang dalam hal sistem pendidikan. Kualitas pendidikan yang dimiliki oleh negeri ginseng ini sangat bagus, dengan jam belajar lebih dari 8 jam.

Untuk murid-murid SD atau Sekolah Dasar sendiri menghabiskan waktu sampai pukul 5 sore. Sedangkan untuk murid SMP atau Sekolah Menengah Pertama menghabiskan waktu sekolah sampai pukul 7 malam.

Tapi untuk waktu yang paling lama dimiliki oleh murid-muris SMA atau Sekolah Menengah Atas dan jam belajarnya di sekolah sampai pukul 10 malam. Hal ini dilakukan karena para murid tersebut harus menyiapkan diri dengan baik supaya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri.

Selain itu persaingan masuk ke perguruan tinggi di Korea Selatan sendiri sangat ketat. Oleh karena itu banyak orang tua yang rela memasukkan anak mereka ke kelompok bimbingan belajar supaya anaknya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri.

Negara Jepang

Di negara Jepang memiliki sistem pendidikan yang terbaik sekolah yang sedikit berbeda, karena pemilihan sekolah dilakukan oleh pemerintah. Awalnya calon siswa ini akan mendaftar sekolah di balai kota, kemudian pihak balai kota yang akan memilihkan sekolah yang sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Waktu belajarnya sendiri hampir sama dengan pendidikan di Korea Selatan. Tapi di Jepang lebih sedikit dibandingkan Korea Selatan. Selain itu struktur pendidikan berbasis teknologi saat ini sudah membuat Jepang memiliki beberapa kemauan riset yang tidak pernah surut.

Negara Finlandia

Finlandia memiliki ciri khas pada dunia pendidikannya, dengan memiliki sistem yang tidak akan membedakan siswa berdasarkan kecerdasan atau kepintaran. Jadi semua murid aka diajarkan dalam kelas yang sama.

Hal tersebut menghasilkan skor kesenjangan terkecil di dunia, antara kemampuan murid paling lemah dengan murid yang paling kuat di kelas. Selain itu pelajar di Finlandia hanya dibebani PR atau pekerjaan rumah yang sedikit. Dengan begitu negara Finlandia memiliki skor mencapai 6.7 dan sering berada di peringkat atas dalam sistem pendidikan terbaik secara global.

Negara Inggris

Inggris sendiri termasuk salah satu tempat dan negara yang menjadi tujuan banyak orang. Terutama untuk menempuh pendidikan lebih lanjut, apalagi dengan sistem pendidikan nomor satu yang dimilikinya.

Pemerintah Inggris juga telah menyediakan sekolah gratis untuk anak usia 4 tahun sampai 18 tahun. Memiliki sistem sekolah full day, sedangkan untuk belajar first school akan dimulai pukul 09.00 sampai 15.000.

Untuk middle school akan dimulai pukul 08.40-15.30 dan upper school dimulai pukul 08.30-15.15. Jadi meskipun tidak selama seperti di Korea Selatan dan Jepang, Inggris tetap memiliki kualitas pendidikan yang sama dengan yang lainnya.

baca juga : Manfaat try out bagi siswa

Negara Belanda

Di negara Belanda, Sekolah Dasar dilakukan mulai usia 5 tahun dan berlangsung sampai usia 8 tahun. Sedangkan pendidikan SMA dimulai usia 12 tahun dan dilakukan 4 tahun.

Tapi untuk pendidikan tingkat paling tinggi, terdapat 3 tingkatan. Mulai dari 4 tahun, 5 tahun sampai 6 tahun. Jadi tidak heran jika Belanda masuk dalam negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.