LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Inilah 5 Alasan Kenapa Liburan Bikin Kerja Makin Produktif

Ada banyak sekali hal yang dilakukan seseorang agar bisa kerja makin produktif. Salah satunya adalah dengan memiliki jadwal liburan. Yap, mengajukan jadwal cuti yang tepat dan dekat hari libur nasional akan memberikan keuntungan long weekend dengan Anda. Karena memang liburan adalah momen menyenangkan yang bisa bikin siapapun makin bersemangat.

produktivitas kerja

Tunggu, bukankah liburan malah bisa membuat pekerja malas untuk bekerja? Apalagi jika liburannya terlalu panjang dan buat seseorang lupa atas jobdesk atau tugas-tugas kantor. Tidak sepenuhnya tepat, karena kondisi ini hanya terjadi pada pegawai yang malas. Karena sebetulnya ada banyak sekali manfaat yang diperoleh jika Anda menyempatkan waktu untuk liburan sejenak saat bekerja.

baca juga : Supaya tidak bosan di kantor

Inilah Alasan Kenapa Anda Wajib Liburan Biar Kerja Makin Produktif

Kantor Tidak Beri Inspirasi

Seperti apakah kantor idaman Anda? Memiliki fasilitas AC? Kantin makan yang lezat? Ada hiburan TV atau konsol game hingga rekan-rekan dan atasan menyenangkan? Tentu begitu indah untuk dirasakan. Namun senyaman apapun kantor, tetap saja Anda sebagai pegawai memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk bekerja di bawah tekanan perusahaan.

Hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat kantor bukan tempat untuk mencari inspirasi. Untuk itulah Anda butuh yang namanya berlibur sejenak. Pergi ke tempat-tempat baru dengan orang terdekat dan berkunjung ke masyarakat langsung, justru akan bisa membuat Anda menemukan inspirasi baru. Di mana inspirasi itu akan bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari.

Tubuh Makin Bugar

Ketika Anda berlibur, maka Anda akan melepaskan tubuh dari harus duduk di depan komputer selama tujuh jam. Anda akan berdiri, berjalan dan mungkin berlari. Hal ini justru tanpa sadar bikin tubuh makin segar dan bugar. Atau mungkin jika Anda tak ingin ke mana-mana, menghabiskan liburan dengan tiduran di rumah juga bisa membuat tubuh makin sehat dan siap kerja lagi.

Pikiran Bisa Istirahat

Menjalani waktu di kantor selama minimal tujuh jam sehari tentu tanpa sadar membuat pikiran tertekan. Belum lagi kalau ada tugas baru datang dan deadline dari atasan yang tak kenal istirahat, hal ini jelas mempengaruhi kinerja otak dan bikin pikiran stres. Kalau sudah stres, maka pekerjaan tak akan bisa dilakukan secara optimal.

Supaya tak terganggu dan bisa kerja makin produktif, solusi satu-satunya adalah mengajukan cuti. Entah mau liburan ke gunung, pantai, pulang kampung hingga tiduran saja di kamar, itu akan membuat pikiran beristirahat. Apalagi jika Anda memilih liburan di alam, akan bisa melihat keagungan Tuhan dengan udara yang lebih segar dan bebas dari tekanan kantor, jelas pikiran makin nyaman.

Dapat Pengalaman Baru

Saat Anda memilih liburan ke tempat baru, jelas akan memperoleh pengalaman baru. Apalagi jika Anda mencoba menantang diri melakukan solo travelling, akan bisa mendapatkan kejutan-kejutan menyenangkan. Seperti bagaimana harus beradaptasi di tempat asing dan bertemu teman-teman baru. Suasana yang berbeda jauh dari di kantor ini akan membuat Anda makin semangat.

baca juga : Tips bekerja tanpa stress

Soft Skill Meningkat

Tanpa sadar saat Anda berlibur ke tempat baru, akan melatih soft skill yang bisa berguna di lingkup pekerjaan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kemampuan bahasa, negosiasi, komunikasi, networking, mengatur waktu hingga kepemimpinan lebih baik secara tidak langsung.

Bagaimana, terbukti bukan kalau liburan itu justru bisa bikin kerja makin produktif? Untuk itulah jangan pernah lewatkan waktu untuk me time sejenak dan nikmati waktu bersenang-senang sebelum siap kembali ke pekerjaan dengan semangat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.