Inilah 3 Manfaat Penting Try Out Bagi Siswa

0
18

Ketrampilan seseorang dalam melakukan sesuatu semakin terasah karena frekuensi latihan yang semakin tinggi. Begitu pula dengan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal ujian, tentunya akan semakin terasah karena sering mengerjakan latihan-latihan soal ujian. Oleh karena itu beberapa sekolah telah menyelenggarakan serangkaian Try out untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN agar mendapatkan nilai bagus.

Try out merupakan bentukĀ  tes yang bertujuan melakukan uji coba pada siswa. Biasanya soal Try out disusun oleh dinas pendidikan berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN. Namun, soal-soal Try out tidak bisa dipastikan akan sama atau tidak dengan soal-soal UN yang akan dihadapi oleh siswa. Kegiatan uji coba UN tersebut diadakan beberapa kali sebelum penyelenggaraan UN.

Manfaat Try Out Bagi Siswa

Menjelang UN, siswa dibuat sibuk dalam mempersiapkan tes uji coba dalam bentuk Try out. Apa saja manfaat dari penyelenggaran Try out bagi siswa? Berikut ini ulasannya:

  1. Melatih dan Mengasah Ketrampilan Siswa

Kegiatan Try out UN akan membuat siswa mudah menyesuaikan diri dengan beragam soal ujian dari mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN. Proses adaptasi dengan beragam bentuk soal akan semakin melatih dan mengasah kemampuan siswa dalam menjawab soal dengan tepat. Selain itu siswa yang rajin mengikuti kegiatan Try out akan semakin mengenal berbagai bentuk soal yang akan diujikan dalam UN. Siswapun tidak akan terlalu kaget saat menghadapi soal UN karena terbiasa mengerjakan beragam bentuk soal melalui kegiatan Try out.

Inilah 3 Manfaat Penting Try Out Bagi Siswa
Inilah 3 Manfaat Try Out Bagi Siswa
  1. Mengukur Kemampuan Siswa

Hasil kegiatan Try out dapat digunakan sebagai tolak ukur kemampuan siswa. Dengan kegiatan Try out siswa akan memahami sejauh mana kemampuannya untuk menjawab setiap soal yang diujikan. Apabila hasil Try out kurang memuaskan siswa masih memiliki kesempatan untuk belajar lebih sungguh-sungguh dengan mengikuti Try out berikutnya. Nilai yang diperoleh berdasarkan kegiatan-kegiatan Try out tersebut akan menunjukkan bagaimana kemampuan dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional.

  1. Membuat Siswa Semakin Giat Belajar

Kegiatan Try out merupakan ajang untuk mendorong siswa semakin giat belajar. Oleh karena terdorong untuk semakin giat belajar, aktivitas siswa selain kegiatan belajar akan semakin berkurang. Siswa akan menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar. Sepulang sekolah siswa akan mengurangi kegiatan bermain dan keluyuran sampai malam hari. Hal tersebut merupakan dampak positif dari penyelenggaraan Try out bagi siswa.

Baca juga : Berikut 8 Tips Mudah Lulus SNMPTN

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat Try out bagi siswa. Melalui kegiatan Try out siswa didorong untuk terus belajar. Tujuannya ialah siswa dapat lulus UN dengan nilai yang memuaskan. Jika siswa mampu meraih hasil yang memuaskan tentunya siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kesempatan untuk masuk dan diterima di sekolah unggulan akan terbuka lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.