Inilah 2 Jenis Pekerjaan yang Paling Mulia Menurut Islam

Di dalam ajaran agama Islam sebenarnya tidak ada perbedaan mengenai pekerjaan yang baik atau tidak, asalkan jenis pekerjaan tersebut tidak merugikan orang lain serta bertentangan dengan syariat di dalam agama maka sah-sah saja dilakukan.  Tentunya pekerjaan yang baik menurut agama adalah yang Halal.

Nah sebagai referensi, berikut ini telah kami rangkum beberapa pekerjaan yang paling mulia menurut agama Islam. Apa sajakah itu? Silahkan disimak.

  1. Pekerjaan dengan tangan sendiri

Pekerjaan yang paling diberkahi menurut hadist yang ada di dalam ajaran agama islam, merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri. Hal ini diperkuat dengan adanya hadist di bawah ini,

“Tidaklah seseorang memakan sesuatu makanan yang lebih baik dibandingkan dengan makanan yang dimakan dari hasil kerja keras sendiri. Karena Nabi Daud’ alaihis salam dulunya bekerja dengan hasil kerja keras tangan sendiri” (HR. Bukhari no. 2072)

Yang dimaksudkan dengan pekerjaan tangan sendiri adalah pekerjaan yang proses pengerjaannya dilakukan tanpa meminta-minta dari orang lainnya, misalnya saja tukang ojek, tukang becak, tukang kayu, petani, peternak, penjahit, guru, dokter, montir, tukang potong rambut, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Tips Supaya Pekerjaan tidak Menjadi Beban

Inilah 2 Jenis Pekerjaan yang Paling Mulia Menurut Islam

Inilah 2 Jenis Pekerjaan yang Paling Mulia Menurut Islam

  1. Perniagaan/ Jual Beli Yang Baik

Pekerjaan yang paling mulia selanjutnya adalah perniagaan yang baik atau mabrur. Yang dimaksudkan disini adalah jual beli yang mengikuti aturan/ syarat serta rukun jual beli yang ada di dalam ajaran agama Islam. Sehingga jual beli tersebut tentulah harus dibangun berdasarkan pada kejujuran, terbebas dari masalah-masalah yang ada, bersih dari adanya penipuan atau kecurangan baik kecurangan dalam menyembunyikan produk jual yang cacat dan kecurangan dalam timbangan.

Kedua pekerjaan diatas merupakan pekerjaan yang mulia dan diberkahi menurut hadist-hadist di dalam ajaran agama Islam. Lalu pekerjaan mana yang paling mulia? Beberapa ahli agama dan ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai pekerjaan dunia yang paling utama diberkahi oleh Allah SWT. Beberapa orang mengatakan pekerjaan petani merupakan pekerjaan yang palung diberkahi. Beberapa lainnya mengatakan bawah pekerjaan yang berhubungan dengan perniagaan merupakan pekerjan yang paling mulia di dalam ajaran agama Islam.

Namun sebenarnya pekerjaan apapun itu asalkan memiliki tujuan yang baik adalah pekerjaan yang baik dimata agama. Hal yang perlu anda ingat adalah pekerjaan tersebut sesuai dengan kondisi atau keahlian yang anda miliki. Selain itu, pekerjaan harus terbebas dari hal-hal yang melanggar syariat Islam dan tentunya Halal serta dapat memberikan banyak manfaat bagi orang lainnya.

Yang perlu anda pahami disini bukanlah bagaiamana pekerjaan yang menguntungkan atau tidak melainkan memahami tujuan mencari rezeki adalah mencari yang paling diberkahi bukan yang paling banyak menghasilkan keuntungan.

Baca juga : Kiat Memotivasi Diri Supaya Karir Anda Bisa Lebih Baik

Nah itu tadi di atas adalah beberapa pekerjaan yang mulia menurut pandangan Islam. Semoga bermanfaat

Leave a Reply