RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Ini Dia 6 Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan

Bagi umat muslim, puasa adalah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan sebulan penuh di bulan ramadhan. Dan tentunya, kita akan mengalami banyak perubahan saat bulan puasa, dari jadwal tidur hingga pola makan. Untuk sebagian orang, puasa bisa membuat mereka jadi lebih kurus. Namun juga ada yang malah sebaliknya, justru menjadi gemuk. Nah, untuk anda yang ingin menjadikan bulan puasa ini sebagai moment mengurangi berat badan, maka sebaiknya simak Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadhan berikut ini.

Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadhan

  1. Jangan Sampai Meninggalkan Makan Sahur

Diet bukan berarti anda mengurangi dengan ketat asupan makanan anda. Diet adalah tentang mengatur pola makan. Dan saat berpuasa, pastikan anda tidak meninggalkan makan sahur. Kenapa? Karena makan sahur penting, sebagai modal untuk melakukan aktivitas di siang harinya. Justru kalau anda meninggalkan sahur, tubuh akan kekurangan nutrisi atau gizi.

Baca juga : Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Namun idealnya, anda memilih menu makanan yang sehat untuk makan sahur. Perbanyak makan sayuran berserat dan karbohidrat kompleks agar tidak mudah lapar.

Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadhan

Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadhan

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Untuk menghindari dehidrasi, sebaiknya anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda selama berpuasa dengan minum air putih dalam porsi yang cukup. Baik itu saat berbuka maupun saat sahur.  Selain itu, konsumsi lah buah-buahan yang mengandung banyak air. Hal ini dilakukan agar anda tidak merasa cepat haus di siang hari, terlebih saat beraktifitas berat.

  1. Sebaiknya Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur

Ini Dia 6 Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan selanjutnya yaitu Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur karena jika dilakukan bisa membuat asam lambung anda naik. Tidak terbayang bukan jika saat anda berpuasa dengan kondisi asam lambung yang naik. Pasti sangat tidak nyaman dan akan membuat diet anda gagal. Saran kami, sebaiknya selalu tidur lebih cepat, jangan tidur terlalu malam. Jadi, saat bangun sahur anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

  1. Kontrol Jenis Makanan yang Dimakan saat Berbuka Puasa

Banyak sekali orang yang sering khilaf saat mendengar adzan magrib berkumandang dan langsung berbuka dengan minuman dingin nan manis. Sebaiknya stop kebiasaan ini, karena ini berdampak tidak baik, khususnya untuk anda yang menjalani diet. Minuman manis yang berasal dari gula, cepat sekali meningkatkan gula darah dalam tubuh anda dan hal tersebut memungkinkan tubuh menjadi cepat gendut.

Sebaiknya anda memilih untuk minum minuman hangat dan mendapatkan manis dari makanan yang alami seperti kurma ataupun buah-buahan.

  1. Tetap Rutin Olahraga

Walaupun anda sedang diet di bulan puasa, jangan lupa untuk tetap melakukan kegiatan olah raga. Hal ini sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kebugaran anda selama bulan puasa, dan untuk menghindari kulit yang kendur karena penurunan berat badan. Tidak lucu bukan, jika kulit kita tidak kencang di saat hari raya nanti akibat diet yang kurang tepat.

  1. Sebaiknya Bagi Menjadi Dua Porsi Makan Malam Anda

Agar kita tidak makan terlalu banyak saat malah hari, ada baiknya anda membagi dua jadwal makan malam anda. Sebaiknya anda makan dengan porsi sedikit sebelum tarawih dan kemudian makan lagi sesudah tarawih. Hal ini bisa menghindari anda dari makan berlebih ketika diet.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat

Nah, itu dia Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan tahun ini. Tidak terlalu sulit bukan? Asal anda punya niat yang kuat, kami yakin anda pasti bisa. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.