Ingin Puasa Tanpa Merasa Lemas? Terapkan 5 Tips Ini

Apakah Anda termasuk orang yang khawatir dan takut merasa lemas saat berpuasa? Jika iya, ada baiknya Anda membaca ulasan berikut ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 tips yang mungkin bisa membantu mengatasi kekhawatiran Anda tersebut. Apa saja tips yang dimaksud?

  •  Tidur yang Cukup

Umumnya, orang normal membutuhkan tidur selama 6 jam hingga 8 jam per harinya. Jika Anda memperhatikan durasi tidur ini dengan baik, Anda akan terhindar dari yang namanya lemas saat berpuasa. Tetapi jangan kebanyakan tidur juga ya, karena kebanyakan tidur justru malah akan membuat Anda semakin lemas. Jadi kuncinya, cukup memenuhi kebutuhan tidur Anda, jangan kurang dan jangan berlebih.

  • Tetap Lakukan Aktifitas Fisik

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Meskipun tidur Anda sudah cukup, tidak lebih dan tidak kurang, tetapi jika Anda tidak melakukan aktifitas fisik sama sekali juga bisa membuat tubuh menjadi lemas loh. Makanya tidak ada salahnya juga Anda tetap melakukan olahraga ringan setelah sholat shubuh, misalnya berjalan kaki hitung-hitung sekalian menghirup udara segar yang bisa membantu tubuh Anda supaya terasa lebih segar.

Ingin Puasa Tanpa Merasa Lemas Terapkan 5 Tips Ini

Ingin Puasa Tanpa Merasa Lemas Terapkan 5 Tips Ini

  • Perhatikan Menu Makan Sahur

Jika Anda tidak ingin lemas saat berpuasa, sebaiknya Anda tidak membiarkan waktu sahur lewat begitu saja tanpa menyantap makanan. Makanan yang Anda konsumsi saat sahur pun harus Anda perhatikan, karena bagaimanapun juga makanan saat sahur inilah yang akan menjadi bekal Anda untuk beraktifitas sepanjang hari.

  1. Silahkan pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks, entah itu oatmeal, nasi merah, nasi putih ataupun sumber karbohidrat komplek yang lainnya
  2. Tambahkan buah atau sayur, atau bahkan keduanya sebagai sumber serat Anda supaya proses metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik
  3. Hindari makanan gorengan dan makanan berlemak yang bisa mengakibatkan Anda cepat merasa lapar karena hormon insulin tubuh menjadi meningkat
  4. Minum air putih secukupnya, dan batasi asupan teh serta kopi

Baca juga : Tips Sahur Sehat dan Tepat

  • Perhatikan Menu untuk Berbuka

Selain memperhatikan menu makan sahur, Anda juga harus memperhatikan menu untuk berbuka Anda. Mengapa? Karena kadar glukosa menjadi semakin sedikit saat menjelang berbuka, sehingga yang kita butuhkan saat pertama kali berbuka adalah makanan yang mampu meningkatkan gula darah dengan cepat. Makanan atau minuman yang manis bisa menjadi pilihan untuk Anda, misalnya kurma, air degan atau jus.

Tetapi, setelah itu Anda jangan langsung menyantap nasi ya, karena perut Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan makanan atau minuman yang baru diterimanya.

Baca juga : Tips berbuka puasa yang baik

  • Tambahkan Protein dan Lemak Baik dalam Menu Makanan Anda

Protein dan lemak baik sebaiknya tidak Anda lupakan, karena protein akan membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi, sedangkan lemak baik akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dan berperan penting untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Nah, itulah 5 tips yang bisa Anda ikuti agar Anda terhindar dari kata ‘lemas’ saat berpuasa. Selamat mencoba.

Leave a Reply