LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Hukum KB dalam pandangan Islam, Apakah Boleh atau Tidak?

Memiliki keturuan merupakan hal yang didambakan oleh pasangan suami istri. Keturunan atau anak dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT yang merupakan sumber rejeki serta sumber kebahagiaan bagi orang tua. Namun, beberapa pasangan mungkin memiliki pandangan yang sedikit berbeda perihal memiliki keturunan.

Memiliki keturunan yang banyak memang agak merepotkan. Sehingga sekarang banyak ibu yang memakai program KB atau Keluarga Berencana. KB digunakan ketika sepasang suami istri ingin menunda sementara maupun seterusnya untuk tidak hamil. Lantas, bagaimana pandangan islam terhadap KB? Apakah seorang wanita diperbolehkan untuk menggunakan KB dengan tujuan untuk mencegah kehamilan?

Berikut adalah informasi mengenai hukum KB dalam pandangan islam.

  • Beda Tujuan Beda Pula Hukumnya

Saat ini program KB memang banyak digunakan di Indonesia. Tujuan penggunaannya pun berbeda pula tergantung setiap individu. Biasanya penggunaan program KB dibedakan menjadi dua yaitu untuk memberikan jeda kehamilan dan mencegah kehamilan terjadi.

Hukum KB dalam pandangan Islam

Hukum KB dalam pandangan Islam

Dari dua tujuan tersebut manakan yang dihalalkan dalam islam? Apakah keduanya boleh dilakukan? Berikut hukum KB dalam pandangan islam menurut tujuannya.

  • Memberikan Jeda Kehamilan

Maksud dari penggunaan KB yang pertama yaitu untuk memberikan jeda kehamilan. Hal ini dilakukan agar keturunan pertama tidak terlalu dekat usianya dengan keturunan berikutnya. Dengan begitu seorang ibu akan lebih mudah memberikan perhatian serta lebih maksimal dalam mengurus dan mendidik anaknya.

Menurut para ulama, penggunaan program KB dengan maksud untuk memberikan jeda kehamilan diperbolehkan dalam islam. Karena hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan keduanya, sang ibu maupun bayinya.  Baru kemudian, jika waktunya sudah memungkinkan, sang ibu melakukan program hamil lagi, tanpa adanya batasan. Sesuai dengan firman Allah SWT  dalam surat Al Isra : 31

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberikan rizki kepada mereka dan juga kepadamu” (QS Al Isra : 31)

Maksud dari penggunaan program KB ini berbeda dengan maksud yang kedua, yaitu untuk mencegah kehamilan. Nah, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Mencegah Kehamilan

Di era seperti sekarang ini dimana lapangan pekerjaan semakin susah, banyak keluarga yang menggunakan KB untuk mencegah kehamilan. Maksudnya yaitu, mereka takut tidak sanggup untuk menafkahi anak-anaknya kelak, jika sampai mempunyai keturunan banyak.

Nah, dengan tujuan dan maksud seperti inilah program KB tidak diperbolehkan dalam islam. Islam sendiri menganjurkan suatu keluarga utnuk memiliki keturunan yang banyak agar kaum muslim merupakan kaum yang kuat. Tak hanya itu sesungguhnya urusan rezeki sudah ada yang mengatur yaitu Allah SWT.

Tidak perlu hendaknya suatu keluarga mengkhawatirkan rezeki mereka. Selama mereka bekerja dengan baik, mencari nafkah dan berjihad dengan cara yang halal. Insyaallah rezeki pasti tetap mengalir. Seperti yang dikatakan pada surat Al Isra di atas.

  • Pro dan Kontra yang muncul Terkait Program KB

Pro dan kontra pun tidak lepas dari kasus ini. Hukum penggunaan KB dalam islam sesungguhnya tidak dianjurkan untuk dilakukan. Para ulama sepakat, jika penggunaan program KB diperbolehkan jika tujuannya hanya untuk memberikan jeda. Dan melarang KB dengan tujuan mencegah kehamilan untuk selamanya karena khawatir tidak mampu menafkahi.

Namun, ada kalangan ulama lain yang ternyata memperbolehkan KB dengan tujuan mencegah kehamilan untuk selamanya tersebut. Tapi dengan catatan, orang tua dianjurkan untuk terlebih dulu berusaha semaksimal mungkin dalam mencari nafkah, jika memang sudah dilakukan dan masih dirasa ekonominya tidak memadai, maka diperbolehkan menggunakan program KB untuk menghindari kelahiran anak lagi.

Baca juga : Menikah Membuka Pintu Rejeki

Itulah informasi mengenai hukum KB dalam pandangan islam. Sekian informasi yang dapat kami berikan dan semoga bisa diambil hikmah positif dari penjelasan diatas..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.