LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Hindari 11 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja Berikut Ini

Tiap-tiap orang mempunyai kebiasaan kecil yang sulit dihilangkan, seperti menggigit bibirnya saat berpikir atau menekuk dan menekan ruas jari tangan saat gelisah, dan banyak lagi. Namun, ketika sesi wawancara kerja, buat anda yang punya kebiasaan fisik tersebut patut berhati-hati. Pernahkan anda berpikir bahwa kebiasaan anda tersebut bisa mengurangi poin penilaian untuk anda? Untuk itu, berikut akan kami bagikan beberapa Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja yang harus anda hindari. Apa sajakah itu?

Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja

  • Postur yang Buruk, Terlalu Condong ke Depan dan Belakang

Postur tubuh condong ke depan menunjukkan kesan agresif dan terlalu membungkuk ke depan atau menjauh ke belakang menunjukkan anda seorang pemalas. Saat wawancara kerja, duduklah dengan tegak namun rileks

  • Kehilangan Kontak Mata

Melakukan kontak mata terlalu lama dengan seseorang memang terasa tidak nyaman, namun jagalah mata anda agar tidak terlalu sering berkedip selama wawancara berlangsung. Ketika wawancara berakhir, jabatlah tangan pewawancara anda dan tataplah matanya untuk satu atau dua detik sebelum pergi meninggalkan ruang wawancara.

Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja

Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja

  • Menunjuk

Hindari menunjuk ke arah pewawancara dengan jari karena seketika akan menciptakan jarak yang lebar antara anda dan pewawancara. Jangan juga memotong pembicaraannya karena itu tidak sopan.

Baca juga : Jawaban Tepat Interview Kerja Mengapa Berhenti di Perusahaan Sebelumnya ?

  • Menyilangkan Tangan

Kedua tangan yang dibiarkan terbuka akan lebih baik saat wawancara karena memberi kesan suasana yang lebih dekat dan akrab. Sebaliknya, tangan yang disilangkan memperlihatkan tanda perlawanan, jadi jangan dilakukan.

  • Mengangguk Berlebihan

Anggukkan kepala anda sesekali saja dan jangan lupa tersenyum. Anggukan yang terlalu berlebihan akan mengganggu fokus pewawancara. Kesalahan ini biasanya lebih sering dilakukan seorang wanita.

  • Gugup

Kegugupan akan mudah dibaca oleh pewawancara. Maka dari itu, tenangkan diri anda baik mental maupun fisik. Jangan sampai memperlihatkan kebiasaan anda saat gelisah seperti misalnya menggigit kuku atau yang lainnya.

  • Menaruh Tangan Di Saku

Jika anda ingin mengontrol gerakan ketika gugup, lakukan saja dengan terlebih dahulu mengendalikan emosi anda. Jangan pernah memasukkan tangan anda ke dalam saku atau menaruhnya dibelakang punggung karena akan memunculkan kesan kaku.

  • Ekspresi yang Tidak Serasi

Sesuaikan ekspresi dengan perkataan anda. Jika anda bersemangat, ekspresikan semangat dengan wajah gembira. Jika ekspresi anda datar saja, ini menunjukkan bahwa anda bukan penerjemah yang baik.

  • Pandangan Mata Ke Arah Atas

Gerakan mata ke atas menunjukkan kesan bahwa anda sedang berbohong atau tidak percaya diri. Tataplah mata pewawancara untuk menunjukkan bahwa anda seseorang yang penuh keyakinan.

  • Menatap

Meskipun menatap mata penting untuk menunjukkan keyakinan dan rasa percaya diri, namun jangan mengunci tatapan pada pewawancara anda dalam waktu yang cukup lama karena bisa ditafsirkan sebagai perilaku yang agresif.

  • Berjabat Tangan Yang Salah

Walaupun hanya jabat tangan, namun untuk menjadikannya momen sempurna kadang sedikit sulit, terutama jika dalam kondisi gugup. Mungkin awalnya, anda ingin menghindari kesan tidak antusias yang menjadikan jabat tangan terlalu lemah. Namun, jangan juga anda lakukan jabat tangan yang terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit. Jangan juga mengayunkan tangan pewawancara anda terlalu keras.

Lakukan jabat tangan sempurna dengan genggaman penuh dan tekanan mantap. Dua atau tiga kali ayunan tangan saja sudah cukup dan jangan berlebihan. Jangan lupa untuk tersenyum ramah dan tahan tatapan mata pewawancara anda selama satu atau dua detik saja.

Baca juga : Aspek Penting Dalam Memilih Pekerjaan yang Tepat

Demikianlah gestur atau Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja. Semoga ulasan ini bermanfaat dan silahkan dicoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.