Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

0
206

Setiap amalan baik yang dikerjakan oleh manusia, Allah telah berjanji untuk membalasnya dengan yang lebih besar. Tidak hanya amalan-amalan wajib yang memang telah allah perintahkan namun juga amalan sunah lainnya. Puasa menjadi salah satu amalan yang sangat utama, ketika anda melaksanakan ibadah puasa berarti anda telah membentengi diri dari godaan syahwat yang ada didunia.

Nah puasa sendiri banyak sekali macamnya. Seperti diketahui bersama bahwa setiap bulan ramadhan anda dan umat muslim lainnya tentu saja akan melaksanakan puasa wajib selama 30 hari. Selain puasa wajib yang dilaksanakan di bulan ramadhan tersebut juga ada beberapa puasa sunnah yang sangat diajurkan oleh Rasullulah SAW, dan bahkan beliau tidak pernah melewatkan untuk mengerjakannya. Nah puasa sunah yang dimaksud yaitu senin kamis.

Lalu apa hikmah dan keutamaan puasa sunah senin kamis, sehingga rasullulah SAW sendiri tidak pernah berhenti untuk mengerjakkannya dan justru menganjurkan para umatnya untuk melaksanakannya?. Berikut penjelasan.

Baca juga : Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis yang Sebaiknya Anda Tahu

Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis
Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis

  1. Senin dan Kamis Adalah Hari dimana Pintu-Pintu Surga dibuka

Allah SWT telah berjanji kepada seluruh umat muslim, bagi siapapun yang mau melaksanakan puasa sunah di kedua hari tersebut allah telah menjamin bahwa dosa-dosa yang selama ini diperbuat akan diampuni, bahkan dosa besar sekalipun akan mendapatkan pengampunan dari allah SWT. Namun hal ini tidak belaku bagi mereka-mereka yang sedang bermusuhan.

  1. Senin dan Kamis Merupakan Hari Dimana Amalan-Amalan Manusia Akan Diangkat dan Diperiksa Di Hadapan Allah SWT

Setiap amalan manusia akan diperiksa setiap pekan (jumu’ah) dua kali yaitu pada hari senindan kamis. Maka bagi setiap hamba yang melaksanakan puasa sunah pada hari tersebut maka semua dosanya akan terampuni.

  1. Hari Kamis Merupakan Hari Dimana Kebanyakan Perjalanan (Safar) Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam Dilakukan

Rasulullah SAW senantiasa melakukan perjalanan setiap hari kamis, bahkan dalam salah satu riwayat dijelaskan bahwa beliau melakukan peperangan tabuk pada hari kamis dan memperoleh kemenangan.

  1. Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT

Sejarah telah mencatat bahwa bahwa Rasullulah SAW dilahirkan pada hri senin tepatnya pada tanggal 12 rabi’ul awal tahun gajah atau tanggal 27 April 571 Masehi dari seorang ibu bernama siti aminah. Maka dari itu bertepatan pada hari kelahirannya rasululah SAW menjalankan puasa sunah.

Hikmah atau manfaat Puasa Senin Kamis

  1. Menjadi Perisai dalam Kejiwaan Seseorang

Menjalankan puasa mampu membentengi diri dari godaan syahwat dunia yang tentu saja hal ini akan memberikan pengaruh besar  bagi kondisi kejiwaan seseoarang. Selain itu puasa sunah maupun wajib mampu melatih  kesabaran diri, melatih diri dalam meredan hawa nafsu serta senantiasa berupaya untuk menjalankan amalan-amalan yang bisa meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada sang pencipta.

  1. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur

Ketika menjalankan puasa anda dilatih untuk selalu bersabar dan meredam kemarahan, hal ini tentu saja dapat menimbulkan rasa simpatik dan peduli terhadap orang lain, terutama ketika saudara-saudara kita memiliki keberuntangan yang masih jauh dibawah keadaan kita saat ini. melihat kondisi seperti itu akan menjadikan diri lebih tahu cara mensyukuri setiap nikmat yang bisa diperoleh setiap hari.

  1. Berpengaruh Besar Terhadap Kesehatan Tubuh

Menjalankan Puasa dapat membersihkan tubuh dari berbagai penyakit. Ketika anda berpuasa tentu saja sistem pencernaan akan berisirakat selama kurang lebih 12 jam sehingga sistem tubuh yang lainnya akan dapat bekerja lebih baik.

Baca juga : Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Manusia

Setelah mengatahui hikmah dan keutamaan puasa sunah senin kamis masihkan anda malas untuk menjalankan puasa sunah yang satu ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.