LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Sukses Berbisnis Sayuran Organik

Kiat sukses berbisnis sayuran organik – Jika dulu usaha becocok tanam atau bertani identik dengan usaha orang desa, maka saat ini tidak demikian. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih,  perkembangan dibidang pertanian juga semakin maju.

Kini masyarakat perkotaanpun bisa menjadi petani yang sukses. Karena tidak dibutuhkan lahan yang luas, serta harus mencangkul atau membajak sawah untuk menjadi seorang petani. Karena dengan menekuni usaha sayuran organik, maka tehnik penanaman, perawatan dan lainnya, bisa lebih mudah dan pastinya hasil panen yang didapat lebih bernilai. Sebab hasil sayuran dari pertanian organik, harganya lebih mahal dibanding sayuran biasa yang dibudidayakan dengan cara tradisional.

Kenapa lebih mahal? Karena sayuran yang dihasilkan lebih sehat, dan juga lebih segar. Sesuai namanya, pertanian jenis ini menggunakan konsep organik, tanpa menggunakan pupuk kimia.

Namun untuk menggeluti usaha ini dan sukses didalamnya, tidak mudah. Sebelumnya anda harus mengetahui beberapa hal berikut, agar bisa sukses menjadi menekuni usaha budidaya sayuran organik.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Sukses Berbisnis Sayuran Organik

  • Media penanaman yang ideal

Keuntungan yang cukup signifikan dari menanam tanaman organik yaitu anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan hingga puluhan juta anda hanya butuh sepertiga dari lahan pertanian konvensional, bahkan bisa kurang dari itu.

Baca juga : Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

Kenapa demikian, karena dengan menerapkan teknik hidroponik, penanaman bisa melebar ke atas, tidak harus kesamping. Dan hal penting yang harus diperhatikan, dalam media penanaman yang ada, tidak diperbolehkan menggunakan bahan kimia.

Sukses Berbisnis Sayuran Organik

Sukses Berbisnis Sayuran Organik

  • Jaringan Pemasaran yang tepat

Poin ini juga menjadi salah satu hal yang harus anda pikirkan matang-matang. Kenapa? Karena jika anda tidak menemukan jaringan pemasaran yang khusus memperjual belikan sayuran organik, dan menjualnya dipasar umum, maka sayuran anda akan dinilai sama dengan sayuran biasa.

Namun bila anda menemukan jaringan pemasaran yang memang khusus memperjual belikan sayuran organik, maka harga sayuran anda akan bernilai tinggi. Sesuai harga pasaran sayuran organi.

Biasanya orang-orang kelas atas yang tinggal di perkotaan sangat tertarik untuk mengkonsumsi jenis sayuran organik ini. Selain itu, restoran kelas atas terutama restoran Jepang dan Korea juga menjadi penampung jenis sayuran ini.

Bahkan saat ini sudah banyak supermarket diperkotaan yang menerima jenis sayuran ini. Belum lagi peluang pemasaran keluar negeri, karena nyatanya saat ini sudah banyak pelaku usaha sayuran organik yang mengekspor hasil panennya ke luar negeri.

  • Harus Menggunakan Pupuk alami.

Untuk menanam sayuran organik, tentunya pupuk menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Anda bisa bekerja sama dengan para peternak untuk mendapatkan pupuk kandang alami yang berbahan dasar limbah hewan atau feses hewan, anda juga bisa menggunakan pupuk kompos yang berbahan dasar dari limbah tumbuhan. Pastikan untuk menghindari pupuk kimia, karena dapat menghilangkan unsur oragnik dalam tanaman/sayuran anda.

  • Pengetahuan tentang perawatan sayuran organik

Dalam merawat sayuran organik dibutuhkan sedikit ketelitian dan memang harus lebih berhati-hati. Karena biasanya jenis tanaman organik rentan diserang hama. Dan dalam hal ini, anda juga harus menghindari berbagai jenis pestisida berbahan kimia, untuk mengusir hama yang ada.

  • Pertimbangkan dengan matang

Meskipun keuntungan yang didapat sangat menggiurkan, namun tentunya tidak semua orang cocok dengan jenis usaha ini. Jadi, sudah seharusnya untuk melakukan pertimbangan masak-masak. Pastikan anda memang mempunyai hobi bertani, dan punya ketelatenan dan ketekunan tinggi, karena salah satu kunci sukses usaha sayuran organik, adalah ketekunan dan ketelitian.

Baca juga : Tips Merintis Bisnis Kuliner Agar Sukses dengan Cepat

Nah, itulah diatas beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan jika ingin sukses menekuni usaha budidaya sayuran organik. Semoga beemanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.