LiburanLiburan Asik !!

Hal yang harus dihindari saat berkendara

Kecelakaan memang tidak bisa dipungkiri, kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun resiko kecelakaan akan lebih besar jika berkendara ketika kondisi tubuh kita sedang tidak fit atau tidak sehat. Kelelahan, ngantuk dsb merupakan faktor penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, maka ada baiknya jika kondisi tidak fit maka lebih baik tidak untuk mengemudikan sendiri kendaraannya. Terutama ketika sedang mudik lebaran saat ini padatnya arus lulintas sehingga kita harus lebih waspada dan berhati-hati saat mengemudikan kendaraan.

Berikut hal-hal yang harus dihindari saat berkendara, supaya aman dan selamat sampai tujuan kita mudik lebaran kekampung halaman masing-masing.

Berikut hal-hal yang harus dihindari saat berkendara :

  • Mengantuk

Mengantuk merupakan kondisi yang sangat fatal saat berkendara yang bisa memicu terjadinya kecelakaan, tingkat kewaspadaan seseorang sangat berkurang dengan signifikan. Refleks untuk menghindari kejadian sangat berkurang jadi jika sudah mengantuk sangat tidak disarankan untuk mengemudi.

mudik lebaran
mudik lebaran
  • Minum Alkohol atau obat-obatan yang membuat mengantuk

Alkohol dan obat-obatan terlarang tentu membuat kesadaran seseorang akan berkurang, dan orang mabuk sangat rentan sekali terjadinya kecelakaan.

  • Penggunakan ponsel

Menggunakan ponsel saat menyetir sangat tidak disarankan karena akan menyebabkan konsentrasi berkendara akan pecah dan tidak fokus.

  • Perasaan marah dan emosi

Perasaan marah dan emosi, akibat sesuatu yang menyakitkan tentunya juga bisa berakibat tidak fokusnya dalam berkendaraan karena tidak bisa hilang dari fikiran.

  • Kondisi yang sedang sakit

Kondisi tubuh yang sedang sakit juga merupakan faktor penyebab kecelakaan, ketika sedang sakit juga mengurangi konsentrasi yang tidak baik.

Baca juga : Tips aman dan sehat mudik lebaran

Terimakasih semoga bermanfaat, selamat bermudik lebaran.

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.