LiburanLiburan Asik !!

Hal – Hal yang Membatalkan Puasa

Bulan suci Ramadhan sudah dekat. Tentunya kita sebagai umat muslim sangat menantikan bulan penuh keberkahan ini. Seperti yang kita ketahui, saat Ramadhan, ibadah wajib yang arus dilakukan oleh umat muslim adalah Puasa, disamping ibadah wajib lainnya.

Ibadah puasa bukan hanya sekedar berhenti untuk makan dan minum di siang hari. Puasa adalah sarana untuk melatih manusia untuk bersabar, ikhlas dan tawadhu’ pada Allah SWT. Karena istimewanya bulan Ramadhan ini, jangan sampai anda mengacaukannya dengan tidak berpuasa, atau berpuasa namun tidak sah.

Hal – Hal yang Membatalkan Puasa

Nah, terkait hal tersebut, dibawah ini kami akan bagikan informasi mengenai hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Apa saja kira-kira?

  1. Makan dan Minum Secara Disengaja

Hakikat puasa memang menahan diri dari makan dan minum mulai terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari. Karena tulah jika anda makan dan minum dengan disengaja, maka puasa anda akan batal. Jika tidak disengaja, maka dianggap sebagai kekhilafan. Misalnya, ketika bangun tidur siang anda tiba tiba makan roti yang ada di meja karena anda lupa bahwa anda sedang berpuasa. Maka puasa anda tidk batal selama anda masih belum ingat. Segera hentikan makan dan minum ketika sadar, dan bersihkan mulut anda dengan berkumur.

Baca juga : Syarat Sah dan Rukun Puasa Ramadhan

Hal - Hal yang Membatalkan Puasa
Hal – Hal yang Membatalkan Puasa
  1. Haid dan Nifas

Perempuan tidak boleh berpuasa ketika sedang haid (menstruasi) atau nifas ( keluarnya darah sehabis melahirkan) hingga bersih dari haid dan nifasnya. Ketika sedang ditengah tengah puasa, anda haid, maka anda harus segera membatalkan puasa anda dengan makan / minum. Perempuan yang haid dan nifas wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya di luar bulan Ramadhan.

  1. Memasukkan Sesuatu secara Sengaja di 9 Lubang

9 lubang yang dimaksud disini adalah 2 mata, dua lubang hidung, 2 telinga, satu mulut, lubang kemaluan dan lubang dubur. Apapun yang anda masukkan di kesembilan lubang tersebut akan membatalkan puasa anda meskipun barang tersebut tidak masuk kedalam perut. Anda tidak boleh meneteskan obat mata, mengupil, mengorek telinga, memasukkan jari ke mulut dan hal hal lainnya.

  1. Hilang Akal Sehat (Gila)

Seseorang yang memiliki gangguang jiwa tidak diwajibkan berpuasa mulai dari hilang akal sehatnya hingga kembali sadar. Hal ini karena orang gila tidak bisa menmbedakan mana yang baik, mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Hukum berpuasa untuk orang yang hilang akal sehat ini sama dengan orang yang lupa.

  1. Jima’

Untuk pasangan suami istri (apalagi yang bukan), berjima’ atau bergumul dengan pasangan ketika sedang puasa adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Baik keluar mani atau tidak. Berjima’ akan menjadi pahala justru ketika anda melakukannya di malam hari. Tapi, pastikan anda sudah mandi suci (bersuci dari hadast besar) sebelum sholat shubuh ya.

  1. Mengeluarkan Mani dengan Segaja

Ada saat saat dimana seorang laki laki mengeluarkan mani dengan sengaja dengan cara berkhayal atau menonton vidio. Hal tersebut merupakan tindakan yang membatalkan puasa. Kecuali jika air mani keluar saat mimpi basah.

Selain Hal – Hal yang Membatalkan Puasa, ada beberapa hal yang harus anda hindari ketika berpuasa agar pahala puasa tidak hilang. Beberapa diantaranya yaitu :

  1. Berdusta
  2. Mengadu domba dan membicarakan keburukan orang lain
  3. Berdo’a yang buruk
  4. Menjaga telinga dari mengucapkan yang buruk, menjaga mata dari melihat yang buruk dan menjaga lidah dari mengucapkan yang buruk.

Baca juga : Macam – Macam Puasa dalam Islam

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Hal – Hal yang Membatalkan Puasa. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.