LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Hal-Hal Penting yang Perlu Dibahas Sebelum Pernikahan Terlaksana

Pernikahan adalah satu hal yang sakral. Tentu saja, tidak akan sembarang hingga akhirnya memutuskan menjalani hidup dengan orang yang benar-benar dikasihi. Dari hal yang tidak sembarang itulah kemudian muncul beberapa pertimbangan. Namun sejatinya harus diingat bahwa pertimbangan ini dilakukan sebelum pernikahan benar-benar terjadi.

Persiapan Pernikahan

Guna memastikan pernikahan bisa mencapai tujuan sesuai agama dan kesepakatan kedua mempelai, maka, perlu dibuat beberapa pembahasan yang kembali mengingatkan calon mempelai bahwa makna pernikahan lebih dari sekadar hidup bersama. Adanya perenungan mendalam demi kesiapan diri menghadapi kehidupan setelah pernikahan sangatlah dibutuhkan.

Baca juga : Habiskan waktu bersama keluarga dengan kegiatan ini

Memperkuat ikatan pernikahan bukan hanya terletak pada segi komitmen kedua mempelai, melainkan juga bagaimana keduanya mampu membahas lebih lanjut hal-hal mengenai pernikahan sekalipun itu belum terjadi.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Dibahas Sebelum Pernikahan 

Membahas Prinsip Pernikahan Itu Adalah Keputusan, Bukan Pencapaian

Dalam hal ini, kamu tidak boleh salah kaprah. Jangan sampai hanya mengedepankan ego dan gengsi karena ingin dinilai telah mencapai hal-hal terpenting dalam hidup. Salah satunya adalah pernikahan. Pendapat yang seperti inilah yang sudah seharusnya disingkirkan. Berikanlah makna yang lebih dewasa kepada sebuah ikatan pernikahan.

Kamu yang bijaksana tentu harus sudah mengerti bahwa pernikahan itu sebuah keputusan besar dalam hidup. Kamu telah memutuskan akan menjalani hidup dengan seseorang yang berhasil membuatmu merasakan kasih sayang yang penuh ketulusan. Menjaga dan saling berkomitmenlah yang  akan membuat pernikahanmu tetap langgeng. Jika demikian, barulah kamu boleh menilai itu sebagai pencapaian.

Saling Membahas Bahwa Hampir Mustahil Pernikahan Tanpa Konflik

Selanjutnya, hal yang perlu dibahas sebelum pernikahan dilangsungkan adalah mengenai pemahaman rumah tangga nantinya. Kedua pasangan haruslah membahas dan mengarahkan pikirannya sedini mungkin bahwa hampir tidak mungkin suatu pernikahan yang akan terbina nantinya terbebas seutuhnya dari konflik.

Dengan membahas hal ini sedini mungkin, maka diharapkan kedua calon mempelai sudah bisa memiliki arah pikiran yang sama serta memaknai pernikahan dalam perspektif yang sama juga. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saling mengerti satu sama lain akan menjadi peredam segala hal yang berpotensi menggoyahkan ikatan suami istri dalam rumah tangga nantinya.

Membicarakan Perihal Pengendalian Emosi

Banyak permasalahan yang muncul dalam rumah tangga disebabkan oleh susahnya pasangan suami istri dalam meredam emosi. Kebanyakan kasus di lapangan,  hal ini ditengarai oleh sikap ego yang merajai diri masing-masing. Jika diistilahkan, saat percekcokan sedang terjadi, maka itu diibaratkan kedua api yang sama-sama berkobar. Maka, yang bisa memadamkan nya hanyalah air.

Dalam artian disini, air adalah sikap atau tindakan mengalah dan bisa mengerti pasangan. Kesabaran adalah kunci keberhasilan peredaman emosi yang sedang menggebu-gebu. Cobalah berpikir jernih dan positif. Jangan lupa untuk menenangkan  diri sejenak. Ambil jeda waktu untuk lebih memahami persoalan yang sedang dihadapi.

Baca juga : Tips menjaga kondisi tubuh menjelang pernikahan

Membicarakan Kesiapan Terhadap Setiap Tantangan dalam Pernikahan

Selanjutnya adalah membicarakan kesiapan terhadap setiap tantangan dalam pernikahan. Meskipun tidak menjamin seutuhnya, namun setidaknya pembicaraan kedua calon mempelai ke arah ini akan mendorong keduanya mampu berpikir jauh ke depan. Mendewasakan diri soal pernikahan adalah hal yang harus dilakukan. Kebijaksanaan dalam pernikahan akan timbul, saat keduanya benar-benar siap.

Ajaklah pasangan membahas hal ini dari hati ke hati sebelum pernikahan terlaksana. Mintalah pendapat darinya dan dengarkanlah ia. Demikian pula sebaliknya, kamu harus mampu memberikan sumbangsih pemikiranmu terkait kesiapan untuk menghadapi segala macam tantangan yang sudah pasti akan menerpa sebuah ikatan suci pernikahan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.