Hal-Hal Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

0
298
Setelah lulus kuliah atau sekolah yang akan kita cari dan kita dapatkan yaitu pekerjaan yang layak, untuk mendapatkan pekerjaan baru setelah kita lulus  yang harus kita persiapakan yaitu mencari lowongan pekerjaan terlebih dahulu, setelah lowongan pekerjaan kita dapatkan langkah selanjutnya yaitu membuat surat lamaran kerja.Apa saja sih yang harus kita persiapkan dan harus dilakukan dalam membuat surat lamaran pekerjaan sehingga lamaran kita bisa di terima dengan baik oleh suatu perusahaan.
Apa saja sih hal-hal penting yang harus di lakukan dalam membuat surat lamaran kerja :
  • Buat surat lamaran dengan sebaik-baiknya jangan asal-asalan
Persiapkan surat lamaran denga baik jangan hanya  asal-asalan dalam melamar kerja. Pastikan dalam menulis CV dan surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Buatlah surat lamaran dengan efektif dan efisen jangan terlalu boros atau terlalu panjang lebar . Pastikan Anda menuliskan skill  yang terkait dengan bidang kerja yang dilamar
Lamaran Kerja
  • Jangan sampai salah ketik

Jangan sampai salah ketik dalam menulis surat lamaran pekerjaan mulai dari huruf, tanda baca, harus dipastikan dengan benar sebelum diajaukan, jangan menganggap remeh salah ketik dalam CV dan resume karena dari sini bisa melihat bahwa pelamar kurang teliti dan ceroboh akan walaupun hal-hal sekecil apapun.

Jika persoalan kecil seperti mengetik dengan benar saja tidak bisa, bagaimana Anda akan mengerjakan tugas dengan tanggung jawab lebih besar nantinya.

  • Jangan melebih-lebihkan

Jangan melebih-lebihkan kemampuan diri atau skill palsu yang di tulis pada. Tulislah kemampuan atau skill yang memang benar Anda miliki. Sehingga ketika nanti diterima untuk tes wawancara tidak ketahuan bohong dan lebih percaya diri memaparkan kelebihan Anda.

  • Menyertakan foto yang baik

Sertakan foto yang baik sesuai standar tukang foto/studio foto  suaya lebih berkesan profesional, gunakan pakaian yang baik setidaknya mengenakan pakaian formal baju kemeja atau lebih baik lagi berdasi dan berjas.

  • Gunakan format standar

Tidak usah repot-repot menghias CV dengan bingkai, atau tulisan warna-warni, gunakan tulisan dan format standar sehingga mudah dibaca dan rapi,simple dan elegan kecuali memang di sarankan oleh perekrut dalam perusahaan
kreatif misalnya.

  • Sertakan CV , surat permohonan melamar kerja dan dokumen-dokumen yang diperlukan
jangan hanya mengirimkan lampiran CV tanpa surat permohonan melamar kerja. Hal itu akan membuat Anda terkesan malas dan tidak bersungguh-sungguh dalam mendapatkan pekerjaan. Cara mendeskripsikan diri, menjabarkan visi, misi serta harapan dalam surat permohonan bisa menjadi acuan para perekrut untuk memilih kandidat yang tepat.
Terimakasih semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.