LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Hak Dan Kewajiban Suami Terhadap Istri Dan Sebaliknya

Dalam kehidupan rumah tangga terdapat beberapa hak dan kewajiban yang harus dipenuhi satu sama lainnya, baik suami maupun sang istri. Hak serta kewajiban tersebut harus benar-benar dikerjakan dengan baik agar keharmonisan keluarga akan tetap terjaga dengan baik.

Hak-hak serta kewajiban tersebut juga sudah diatur di dalam udang-undang serta diatur di dalam agama. Di mana hal tersebut sudah memiliki kekuatan undang-undang serta nilai agama dan jika dilanggar maka akan berakibat fatal.

Hak dan Kewajiban Suami Terhadap Istri dan Sebaliknya

Hak dan Kewajiban Suami Terhadap Istri dan Sebaliknya

Kehidupan rumah tangga haruslah senantiasa hidup berdampingan dengan kondisi yang saling berbagi dan seimbang sehingga di antara suami atau istri tidak akan merasakan ketidakadilan diantara mereka. Bagi Anda yang ingin mengetahui apasajakah kewajiban seorang suami terhadap istri dan juga sebaliknya simaklah penjelasannya berikut.

Hak dan kewajiban Seorang suami terhadap istri dan juga sebaliknya:

  • Wajib hukumnya di dalam Islam serta undang-undang bahwa suami harus menafkahi keluarganya dan jika hal itu tidak dilaksanakan maka suami tersebut telah melanggar kewajibannya.
  • Sementara sang suami wajib memberi nafkah maka sang istri juga wajib menjaga nama baik suami, di saat suami bekerja mencari nafkah sang istri hendaknya selalu menjaga nama baik keluarganya. Salah satunya yaitu dengan cara selalu menjaga kehormatan meskipun sang suami tidak ada di rumah.
  • Suami wajib memberikan suatu arahan atau perintah yang baik kepada istrinya agar selalu berada di jalan yang benar.
  • Istri wajib menaati seluruh perintah dari suaminya, seperti sang anak yang taat terhadap semua perintah orang tuanya. Saat sudah menikah istri wajib menuruti perkataan sang suami.

Hak Suami Terhadap Istri dan Sebaliknya:

  • Hak istri dari suaminya yaitu mendapatkan nafkah yang layak serta halal untuk menghidupi semua keluarganya.
  • Suami juga memiliki hak untuk mendapatkan perhatian, serta sang istri dapat memenuhi semua kebutuhan suami dengan baik.
  • Bagi seorang istri juga sangat berhak untuk mendapatkan perlindungan dari suaminya dari segala bahaya.
  • Sang suami memiliki hak untuk mendapatkan hak dalam hal biologisnya dari sang istri.
  • Istri memiliki hak untuk mendapatkan ajaran-ajaran Islam dari sang suami. Sehingga dalam membina keluarganya senantiasa di jalan yang benar.

Semua hak dan kewajiban tersebut harus saling dilaksanakan dengan baik sehingga keinginan untuk memiliki keluarga yang sakinah mawaddah serta warahmah akan didapat dengan sangat mudah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.