RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Goa Selarong Jogja, Destinasi Napak Tilas Pangeran Diponegoro

Bila Anda termasuk orang yang mengagumi perjuangan Pangeran Diponegoro, maka Goa Selarong Jogja wajib masuk dalam deretan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Sebab di tempat inilah Pangeran Diponegoro pernah menyusun strategi perang dan sukses bersembunyi dari Tentara Belanda ketika rumahnya dibakar.

Destinasi Napak Tilas Tempat Bersejarah Pangeran Diponegoro

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu berkunjung ke tempat ini. Meski bukan kawasan wisata yang kaya akan lokasi yang instagramble tapi Goa Selarong Jogja menyajikan suasana alam nan sejuk yang sama seperti yang dirasakan Pangeran Diponegoro di abad 18.

Nah, berikut beberapa pengalaman yang bisa Anda rasakan bila berkunjung ke Goa Selarong Jogja.

  • Disambut Patung Pangeran Diponegoro

Untuk memudahkan pengunjung yang akan berkunjung ke Goa Selarong, Patung Pangeran Diponegoro diletakkan sebagai gapura. Patung yang dipilih pun pose Pangeran Diponegoro yang sedang menunggangi kuda. Hal ini melambangkan bahwa Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan  dan sebagai simbol perjuangan melawan tentara Belanda.

Meski tidak terlihat pemandu, wisatawan bisa melihat letak dan rute Goa melalui denah yang terpampang di area sebelum memasuki tempat wisata. Dari denah itu ketahui, area parkir terdapat bangunan pendopo, ruang pamer dan diorama. Di dekat denah itu juga telihat Patung Pangeran Diponegoro yang mengenakan pakaian serba putih tengah menunggangi kuda hitam. Hal ini melambangkan kesucian perjuangan pahlawan besar ini melawan Belanda.

Baca juga : Menikmati Pesona Keindahan Kotagede Yogyakarta

  • Menaiki Ratusan Anak Tangga

Komplek Goa Selarong berada di perbukitan kapur setinggi kira-kira 35 meter. Pengunjung yang akan menuju ke goa otomatis harus menaiki perbukitan curam berbentuk undak-undakan sejauh 400 meter.Sebaiknya Anda menyediakan air mineral sebagai pertolongan apalagi bila matahari sedang terik-teriknya.

  • Mistiknya Tempat Persembunyian Pangeran Diponegoro

Di wisata itu terdapat dua goa utama yaitu Goa Kakung di sebelah kiri dan Goa Puteri di sebelah kanan. Goa Kakung digunakan sebagai tempat tinggal Pangeran Diponegoro sedangkan Goa Puteri menjadi kediaman selir Pangeran Diponegoro yang paling setia bernama Raden Ayu Ratnaningsih.

Goa Selarong Jogja

Goa Selarong Jogja

Bentuk Goa Selarong sesungguhnya adalah buntu. Pengunjung bisa melihat secara langsung ruangan sempit yang digunakan Pangeran Diponegoro untuk bersembunyi. Namun yang menjadi pertanyaan dan membuat mistik, tentara Belanda kesulitan mencari Pangeran Diponegoro kala itu di Goa Selarong.

Di sebelah kiri goa terdapat sungai, air terjun, area perkemahan dan dua buah sendang.

  • Rasakan Sejuknya Air Terjun Sendang Manik Moyo dan Umbul Moyo

Di musim penghujan, pengunjung bisa menyaksikan air terjun di area goa. Air itu mengalir ke dua sendang Manik Moyo dan Umbul Moyo. Tak hanya gemercik air yang terdengar merdu, pemandangan di sekitar air terjun juga sangatlah alamiah.

Lokasi

Goa Selarong terletak di Dukuh Kembangputihan, Bantul, Yogyakarta. Bila  Anda berada di pusat kota Yogyakarta, menuju ke goa ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Fasilitas

Di Goa Selarong Jogja telah disediakan toilet dan masjid. Tak hanya itu, bila tertaik membawa oleh-oleh, di area parkiran terdapat pusat sovernir bernama Sanggar Diponegoro. Sovernir paling dicari disana adalah patung primitif yang terbuat dari kayu.

Tiket Masuk

Tiket harga masuk Goa Selarong sangatlah murah. Anda hanya perlu membayar Rp  2.000 per orang. Untuk parkir sepeda motor, Anda perlu membayar Rp 2.000 sedang untuk mobil perlu membayar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Jam Operasional

Goa Selarong buka  setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00. Pengunjung paling banyak datang pada pukul 12.00 – 14.00 dan pada hari libur. Dua jam merupakan waktu optimal pengunjung menyusuri kompleks Goa Selarong.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.