LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Gejala-gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang di dunia ini. Pada saat tubuh mengalami kolesterol yang tinggi maka akan nampak benjolan berwarna merah pada kulit. Benjolan berwarna merah tersebut disebut juga xanthornas.

Setiap orang mengalami gejala kolesterol tinggi yang berbeda beda. Pada beberapa orang, gejala kolesterol tinggi dapat dilihat dengan adanya kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau pun migrain.

Sebenarnya cara paling ampuh untuk mengetahui gejala kolesterol adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Pada saat melakukan cek kesehatan di dokter, anda akan menjalani tes darah di laboratorium sehingga bisa mengetahui jumlah kolesterol dalam tubuh anda. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai gejala-gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sejak dini.

Baca juga : Pentingnya Cek Kolesterol Darah

Gejala-gejala Kolesterol Tinggi

Gejala-gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti jantung. Umumnya kolesterol yang tinggi dapat dialami karena konsumsi makanan yang berminyak dan juga pola hidup yang tidak sehat. Kadang orang orang tidak menyadari bahwa kolesterol dalam dirinya sudah mencapai angka yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui gejala-gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sejak dini yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Mengalami mati rasa pada bagian bagian tertentu pada tubuh, biasanya jemari tangan adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami mati rasa.
  • Mengalami kelebihan berat badan, mengalami kolesterol yang tinggi akan menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjad terganggu sehingga lemak akan menumpuk dan menyebabkan berat badan menjadi naik.
  • Sering merasakan pusing di belakang kepala, adalah salah satu penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol yang tinggi.
  • Merasakan jantung yang berdebar-debar dan sakit pada jantung, ini merupakan efek samping dari kolesterol yang naik kelampau tinggi.
  • Merasakan pegal pada tengkuk dan pundak, ini merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak terjangkau akibat penyumbatan pembuluh darah dari kolesterol.
  • Sering kali merasakan kesemutan pada tangan dan kaki, hal ini disebabkan karena saraf yang terganggu akibat kolesterol yang tinggi.
  • Merasa lesu dan mengalami migrain, kedua tanda ini adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh apa bila kolesterol tinggi.

Dengan mengetahui beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, anda dapat mengetahui jika kolesterol dalam diri anda sudah berada pada angka yang tinggi. Apa bila anda mengalami salah satu dari gejala yang telah disebutkan sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa obat penurunan kolesterol dan juga menjaga pola makan agar menjadi lebih sehat. Demikian penjelasan tentang gejala-gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sejak dini. Semoga dapat bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.