Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

0
26

Bagi umat Islam, puasa bukan lagi menjadi hal asing. Ada banyak macam puasa, mulai dari yang wajib hingga sunah. Puasa wajib yang dilakukan umat muslim satu tahun sekali adalah pada bulan Ramadhan 1 bulan penuh. Selain itu banyak puasa-puasa sunah misalnya puasa senin-kamis, puasa bulan rajab dan bulan lainnya. Selain sebagai ibadah wajib umat Muslim, Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan. Ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan berpuasa, nah berikut beberapa diantaranya:

  • Apa saja Manfaat Berpuasa?
  1. Menjaga Berat Badan

Berpuasa dapat menurunkan glukosa dan berat badan seseorang. Selama berpuasa tubuh tidak akan menerima asupan kalori. Lemak yang terbakar menjadi energi akan sangat membantu dalam penurunan berat badan dan tingkat kolesterol dalam tubuh. Dengan menurunnya berat badan, maka akan lebih mudah untuk mengendalikan tekanan darah dan diabetes (gula darah).

Namun yang harus Anda lakukan adalah berpuasa yang benar dan sehat. Jangan ketika berbuka puasa lantas Anda tidak mengontrol nafsu makan Anda. Makanlah yang cukup dan penuhi gizi Anda.

  1. Bermanfaat Bagi Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat berpuasa terhadap kesehatan jantung. Salah satu penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang berpuasa satu tahun sekali memiliki risiko 58% lebih rendah menderita penyakit jantung jika dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.

Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan selanjutnya yaitu, saat berpuasa HDL akan meningkat dan sebaliknya LDL menurun. Penurunan LDL ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. Meskipun demikian, kesehatan jantung dipengaruhi oleh bermacam faktor. Jagalah pola hidup sehat Anda dengan menjaga pola makan dan rajin berolah raga.

Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan
Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan
  1. Memperbaiki Kondisi Medis Seseorang

Puasa yang diimbangi dengan dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat dapat membantu beberapa masalah medis bagi orang yang menjalankannya. Misalnya radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit.

Tapi yang perlu diingat adalah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat saat puasa maupun setelah Anda sudah tidak berpuasa. Jangan setelah selesai puasa Anda bisa makan apapun tanpa memperhatikan kesehatan.

  1. Menurunkan Adrenalin

Puasa tidak hanya mengajarkan kita untuk menahan lapar dan haus semata, namun banyak hal. Mengontrol emosi, mengurangi berpikir negatif, dan tidak mudah marah. Kedaan psikologis yang tenang tersebut dapat menurunkan adrenalin seseorang.

Manfaat dari menurunnya adrenalin adalah untuk memperkecil kontraksi otot empedu, menambah volume aliran darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Dengan adrenalin yang rendah, ternyata seseorang bisa terhindar dari risiko mengidap penyakit jantung, otak dan stroke.

  1. Memperbaiki dan Merestorasi Sel

Selama Anda berpuasa, aktivitas pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang karena tubuh tidak memperoleh asupan yang cukup. Sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Selain itu, tunas-tunas sel memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi kinerjanya. Makan sahur dan berbuka akan mensuplai asam amino dan asam lemak yang menghasilkan tunas protein, lemak, dan lainnya yang membantu membangun sel baru.

  • Kondisi yang Tidak Memperbolehkan Berpuasa

Meskipun puasa memberikan banyak manfaat kesehatan pada tubuh, namun ada bebrapa kondisi medis seseorang yang menyebabkan tidak boleh berpuasa. Kondisi tersebut antara lain penderita diabetes yang parah, memiliki masalah pada ginjal dan hati, sedang menjalani kemoterapi, wanita hamil dan ibu menyusui.

Sebaiknya bagi Anda yang memiliki riwayat medis yang kurang baik atau memiliki pemyakit tertentu, akan lebih baik berkonsultasi kepada dokter Anda, apakah Anda diperbolehkan untuk menjalankan puasa atau tidak.

Baca juga : Apa Saja Syarat Sah Puasa Ramadhan?

Nah, itulah penjelasan mengenai Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan. Jadi, bukan hanya amal baik yang kita dapat, namun juga nikmat sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.