LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah

Menikah merupakan sebuah keharusan bagi Anda yang sangat mencintai pasangan dan memutuskan untuk hidup bersama selamanya dengan status suami istri. Dalam hukum negara, status pernikahan yang sah adalah pernikahan yang telah didaftarkan secara resmi pada Kantor Urusan Agama (KUA).

Untuk mendaftarkan pernikahan ke KUA tentunya bukanlah perkara yang gampang karena banyak sekali dokumen yang harus disiapkan. Pastinya ini akan sangat menyulitkan jika Anda tidak tau apa saja dokumen yang diperlukan dan di mana saja Anda bisa mendapatkannya.

Nah untuk membantu anda, berikut kami akan bagikan informasi mengenai dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebelum menikah. Nah, silahkan disimak.

Beberapa Jenis Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah

  1. Photo copy Kartu Tanda Penduduk atau KTP

Kedua mempelai wajib menyiapkan minimal 1 lembar photo copy KTP. Ini merupakan berkas yang wajib Anda siapkan untuk melengkapi dokumen pernikahan.

Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah

Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah

Selain photo copy Anda dan calon pasangan, photo copy lainnya adalah photo copy kedua orang tua atau wali dan dua saksi yang akan menjadi saksi pada saat akad nanti.

  1. Photo copy Kartu Keluarga atau KK

Ini juga merupakan berkas wajib yang harus ada pada dokumen pernikahan yang perlu Anda siapkan, yaitu photo copy KK Anda dan pasangan masing masing 1 lembar.

  1. Photo copy surat kematian ayah

Bagi Anda seorang wanita yang ayahnya sudah meninggal, maka Anda harus melampirkan surat kematian ayah yang dikeluarkan oleh kelurahan.

  1. Surat keterangan wali nikah

Apabila wali nikah Anda bukanlah ayah kandung atau alamat wali tersebut tidak sama alamat kelurahannya dengan Anda maka Anda harus melampirkan surat keterangan wali dari kelurahan.

  1. Photo copy surat imunisasi TT

Aturan yang ditetapkan oleh pemerintah bagi pasangan yang ingin menikah salah satunya adalah menjalani imunisasi TT atau pemberian vaksin Tetanus Toksoid. Biasanya ini hanya diberlakukan untuk calon mempelai wanita saja.

  1. Pas photo

Wajib melampirkan pas photo Anda dan pasangan ukuran 2×3, masing masing sebanyak 5 lembar. Selain itu, Anda harus menyiapkan photo bersama pasangan dengan background atau latar berwarna biru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Nah kalau Anda merupakan warga biasa, maka pakaian yang Anda kenakan bebas, tidak ada aturan. Namun, sedikit berbeda untuk Anda yang merupakan seorang anggota TNI atau Polri. Anda harus mengenakan seragam pekerjaan lengkap.

  1. Surat pernyataan belum pernah menikah

Kalau Anda belum pernah menikah sebelumnya, maka Anda harus menyiapkan surat pernyataan belum pernah menikah yang dikeluarkan oleh RT atau RW dengan materai 6000.

  1. Surat pengantar atau keterangan ingin menikah

Selanjutnya Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah adalah surat pengantar untuk menikah yang dikeluarkan oleh pejabat kelurahan. Surat keterangan ini biasanya adalah model N1, N2, N3 dan N4.

Apabila usia Anda atau pasangan di bawah 21 tahun maka Anda wajib melampirkan surat izin dari orang tua Anda. Surat ini bisa Anda dapatkan di kantor kelurahan.

Bagi Anda atau pasangan Anda yang merupakan seorang anggota Polri atau TNI maka wajib melampirkan surat izin menikah dari komandan.

Kalau Anda berstatus janda atau duda dengan sebab perceraian maka Anda wajib menyertakan surat talak yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama. Sedangkan jika karena kematian pasangan maka Anda wajib menyertakan surat kematian dari kelurahan.

Seandainya ingin berpoligami secara sah, maka Anda wajib melampirkan surat izin yang dikeluarkan dari kantor Pengadilan Agama. Ini perlu Anda lakukan jika ingin berpoligami dengan status sah secara hukum negara.

  1. Akta kelahiran atau ijazah

Akta kelahiran asli Anda dan pasangan juga perlu disiapkan. Kalau Anda tidak punya akta, bisa diganti dengan ijazah terakhir.

Jika dokumen di atas sudah lengkap, Anda bisa mendaftarkan pernikahan di KUA dan langsung mengisi formulir pendaftarannya. Sisanya adalah biaya administrasi saja lagi yang perlu Anda siapkan.

Baca juga : Tips Memilih Kartu Undangan Pernikahan Murah Namun Berkesan

Demikianlah diatas beberapa Dokumen Persyaratan Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah. Semoga persiapan pernikahan Anda berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.