LiburanLiburan Asik !!

Dengan Berzakat Rezeki Berlipat, Apakah Benar?

KeluargaSamawa.com – Apakah anda pernah mendengar atau meyakini jika dengan berzakat rezeki berlipat? Yup sebagai seorang muslim kita harus meyakininya, dan memang faktanya juga berkata demikian. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini kami akan  kupas penjelasan selengkapnya, agar anda bisa menjadi yakin bila dengan berzakat rezeki berlipat.

  • Urgensi Zakat

Mengeluarkan zakat adalah rukun Islam yang ke 4. Artinya, sebagai umat Islam kita wajib untuk mengeluarkan zakat. Kalau dilihat dari pengertiannya, zakat adalah bagian dari harta yang dimiliki umat Islam yang wajib dikeluarkan atau diberikan kepada orang atau golongan yang berhak menerimanya sesuai ketentuan agama.

  • Manfaat Zakat :
  1. Mengeluarkan Zakat sebagai Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Dalam Surat Ibrahim ayat 7 dijelaskan bahwa barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka Allah SWT senantiasa akan melimpahkan rezeki kepadanya. Nah, salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT adalah dengan jalan mengeluarkan zakat.

Dengan mengeluarkan zakat harta yang kita miliki tidak akan berkurang, tetapi Allah SWT menjamin dan akan dikembalikan dengan berlipat ganda. Jadi, jangan merasa rugi jika hendak mengeluarkan zakat. Dan harus senantiasa mengingat untuk membayar zakat fitrah dan zakat atas harta – harta yang dimiliki.

Dengan Berzakat Rezeki Berlipat
Dengan Berzakat Rezeki Berlipat
  1. Memupuk Tali Silaturahmi Antara Sesama Muslim

Mengeluarkan zakat akan senantiasa memupuk tali silaturahmi antara sesama muslim. Dengan berzakat maka kita bisa membantu saudara–saudara kita yang membutuhkan.

Jika dihubungkan dengan pernyataan zakat akan mendatangkan rezeki, itu sangat berhubungan. Contohnya, salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah ibnu sabil (orang-orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan), dengan memberikan zakat kepadanya secara tidak langsung akan membuka peluang untuk saling mengenal dan bersilaturahmi. Dan bisa saja pintu rezeki kita terbuka dari arah itu. Karena sesungguhnya pintu-pintu rezeki itu bisa berasal dari mana saja.

Baca juga : Hukum Islam jika tidak Membayar Hutang

  1. Mensucikan Harta dan Menjauhkan Diri dari Sifat Serakah

Mengeluarkan zakat adalah salah satu cara untuk mensucikan harta yang kita miliki karena sesungguhnya dalam harta – harta yang kita punya terdapat hak orang lain di dalamnya yang wajib untuk diberikan.

Dengan mengeluarkan zakat kita juga dilatih untuk menjauhkan diri dari sifat serakah yang dibenci Allah SWT. Kita harus meyakini bahwa harta yang kita miliki di dunia hanya titipan dan titipan itu bisa diambil kapan saja oleh pemilik yang sesungguhnya yaitu Allah SWT.

Maka bagikanlah titipan (harta itu) dengan jalan berzakat, seseorang yang amanah dan tidak kikir dalam menjaga titipan maka senantiasa titipannya (hartanya) akan ditambahkan, dengan syarat bahwa kita amanah. Dan ingatlah bahwa harta itu tidak hanya berbentuk materi, tetapi bisa dalam wujud atau bentuk apapun yang terkadang tidak kita sadari.

Baca juga : Kelola Keuangan Secara Islami Lebih Menguntungkan dan Menentramkan

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai zakat. Semoga anda bisa memahami dan bisa yakin jika dengan berzakat rezeki berlipat. Tetapi yang paling penting tentunya adalah setiap ibadah yang kita jalankan tujuan utamanya adalah mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.