LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Ciri-Ciri Keluarga yang Harmonis Dalam Agama Islam

Setiap orang atau pasangan suami istri pastinya menginginkan mempunyai keluarga yang harmonis. Dengan memiliki keluarga yang harmonis, kebahagiaan bukan hanya di rasakan oleh pasangan tersebut, melainkan juga oleh anaknya maupun kedua keluarga besarnya.

Keluarga yang harmonis bukan terjadi tanpa sengaja, tetapi karena merupakan realisasi dari perwujudan komitmen untuk menjunjung nilai-nilai kekeluargaan, cinta kasih, serta kesetiaan terhadap pasangannya. Dalam Islam kriteria keluarga yang harmonis adalah keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Lantas bagaimana sih ciri-ciri dari keluarga yang harmonis tersebut menurut ajaran Islam? Nah, berikut ini adalah jawabannya

  • Keluarga yang sakinah

Keluarga yang sakinah adalah keluarga yang di dalam anggotanya dapat merasakan ketenangan dan ketentraman. Di dalam keluarga tentu ada konflik yang muncul, namun dalam keluarga yang sakinah ada rasa saling percaya, saling menghargai dan menghormati pasangannya dan saling mengingatkan jika salah satu pihak berbuat salah.

Salah satu potret keluarga sakinah yang dapat kita teladani adalah potret keluarga nabi muhammad bersama istrinya, Siti Khadijah. Siti Khadijah selalu berusaha memberi ketenangan kepada nabi Muhammad. Dalam kondisi sesulit apa pun, siti Khadijah selalu mendampingi baginda nabi dan berusaha menenangkan beliau.

Ciri-Ciri Keluarga yang Harmonis Dalam Agama Islam

Ciri-Ciri Keluarga yang Harmonis Dalam Agama Islam

  • Keluarga yang mawaddah

Keluarga yang mawaddah adalah keluarga yang di dalamnya penuh rasa cinta. Rasa cinta dan kasih sayang merupakan pondasi menjadikan keluarga yang harmonis. Oleh karena itu ketika seseorang sudah berkomitmen untuk berumah tangga, maka kedua belah pihak harus berusaha menumbuhkan rasa cinta.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan menunjukkan perhatian kepada pasangannya. Misalnya sang istri melayani suami dengan menyiapkan sarapan dan perlengkapan sang suami. Sang suami pun menunjukkan perhatian dengan memuji upaya yang dilakukan istrinya.

  • Keluarga yang penuh rahmah

Keluarga yang penuh rahmah adalah keluarga yang penuh kasih sayang di dalamnya. Dengan perasaan kasih sayang tersebut akan membuat keduanya saling mengasihi dan mencintai. Kasih sayang dapat meredam emosi dan perasaan kesal saat menghadapi sebuah permasalahan dalam biduk rumah tangga sehingga mereka akan saling berdiskusi untuk menemukan solusi. Permasalahan pun tidak terjadi tidak berlarut-larut.

Cara Membangun Keluarga Harmonis

Potert keluarga harmonis harus diupayakan agar tidak hanya menjadi angan-angan belaka. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun keluarga yang harmonis yang sebaiknya anda lakukan:

  • Menjalankan kewajiban sebagai suami istri

Untuk menjadi keluarga harmonis, maka masing-masing pihak baik suami maupun istri hrus menyadari tanggung jawabnya dan berusaha menjalankannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

  • Mencurahkan perhatian

Rumah tangga yang harmonis dapat diciptakan dengan cara saling mencurahkan perhatian. Hal ini dapat menumbuhkan rasa cinta sehingga masing-masing pihak menemukan ketenangan di dalam keluarganya.

  • Saling menjaga ibadah

Tujuan dari pernikahan, salah satunya adalah untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu potret keluarga yang harmonis dapat diwujudkan dengan saling menjaga ibadah pasangannya dengan cara saling mengingatkan dalam kebaikan.

  • Bersyukur kepada Allah

Rasa syukur merupakan salah satu pondasi dalam membentuk keluarga yang harmonis. Sang istri hendaknya selalu mensyukuri hasil kerja keras suaminya. Dengan hal ini, suami pun akan akan merasa dihargai. Suami pun tenang dan semangat dalam bekerja untuk menafkahi keluarganya.

Nah itu tadi adalah ulasan seputar keluarga harmonis menurut islam. Semoga kita semua, nantinya dapat mewujudkan keluarga yang harmonis di kehidupan sehari-hari kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.