Ciri-ciri Kehamilan Yang Sehat dan Normal

KeluargaSamawa.com – Sebagai wanita, tentu anda akan sangat bahagia ketika mengetahui anda positif mengandung buah hati anda. Pastinya, berbagai persiapan akan anda dan keluarga lakukan agar buah hati senantiasa mendapatkan yang terbaik. Namun tau kah anda, bagaimanakah Ciri-ciri Kehamilan Yang Sehat dan normal? Jika anda belum mengetahuinya, kami akan berbagi info mengenai ciri-ciri kehamilan yang sehat tersebut, supaya anda bisa lebih tenang.

  • Tekanan darah dan gula darah

Ketika menjalani masa-masa kehamilan, ibu perlu mengkonsultasikan kesehatan ibu beserta janinnya. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah tekanan darah dan juga gula darah. Ibu wajib menjaga tekanan darah dan juga gula darah agar tetap normal. Dan perlu diwaspadai jika terjadi perubahan yang begitu drastic pada tekanan dan gula darah karena dapat menyebabkan persalinan dini atau premateur.

Baca juga : Tanda-tanda Hamil Muda

  • Berat badan ibu hamil

Biasanya seorang wanita berusaha menjaga berat badannya agar tetap ideal. Namun ketika hamil, wanita justru disarankan menaikkan berat badannya 10 hingga 20 kg dari berat sebelum hamil atau minimal naik 1 kg tiap bulan. Jika ibu sudah memiliki berat badan berlebih, dokter biasanya memiliki saran khusus.

  • Perut membesar

Salah satu tanda orang hamil adalah perut yang semakin membesar. Jadi setiap bulan, dokter atau bidan tempat anda berkonsultasi akan mengukur besar perut anda dari bulan ke bulan. Kehamilan anda dinyatakan sehat dan normal jika ukuran perut anda semakin besar tiap bulannya.

ciri-ciri kehamilan yang sehat

ciri-ciri kehamilan yang sehat

  • Pergerakan janin

Mulai trimester kedua, calon ibu akan merasakan gerakan-gerakan janin di dalam perutnya. Gerakan aktif calon bayi ini menunjukkan bahwa janin dalam kondisi sehat dan menerima cukup oksigen

  • Payudara mengencang

Normalnya wanita hamil akan mengalami payudara yang semakin kencang dan berisi ketika hamil, Hal ini dikarenakan payudara mulai memproduksi ASI bagi buah hati. Dan inilah salah satu tanda bahwa kehamilan anda berjalan aman dan lancar

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan normal, kami juga akan berbagi tips agar anda dan calon bayi anda senantiasa sehat.

  • Pilih makanan bergizi, hindari makanan cepat saji, minuman bersoda maupun minuman beralkohol
  • Konsumsi sayuran ataupun buah-buahan segar karena nutrisinya lebih banyak disbanding makanan kaleng
  • Rajin berolahraga ringan untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan ataupun jamu tanpa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.
  • Hindari kegiatan fisik yang terlalu berat, karena kelelahan bisa menjadi salah satu penyebab keguguran
  • Konsultasikan kesehatan anda dan janin anda secara berkala agar anda mengetahui pertumbuhan serta perkembangan janin anda

Baca juga : Manfaat Mendengar Musik Klasik Untuk Janin dan Ibu Hamil

Semoga tips menjaga kesehatan ibu hamil diatas bisa membantu anda mendapatkan janin yang aktif dan sehat. Pastikan janin anda memiliki ciri-ciri kehamilan yang sehat diatas. Rajin konsultasikan kehamilan anda agar anda dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply