LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara yang Tepat Dalam Menentukan Harga Jual suatu Produk

Bagaimana cara menentukan harga jual suatu produk? Semua pasti setuju bila harga jual suatu produk merupakan salah satu kunci penting kesuksesan sebuah usaha. Jika harga jual terlalu mahal dibandingkan dengan merek lain yang sejenis, maka bisa dipastikan akan sulit menemukan pembeli. Begitupun jika Anda mematok harga terlalu rendah, maka kemungkinan mengalami kerugian.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara ideal untuk menentukan harga jual produk yang benar? Nah, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk

1. Tetapkan Harga Jual Berdasarkan Biaya Produksi

Strategi yang paling tua dalam menentukan harga jual suatu produk adalah berdasarkan biaya yang telah dikeluarkan saat produksi ditambah dengan keuntungan yang diinginkan. Ada beberapa pendekatan dalam metode ini, seperti :

  • Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing Method)

Harga jual produk dihitung dengan cara jumlah biaya produksi ditambah dengan laba yang diinginkan. Rumusnya adalah :

Harga jual = Modal+Laba

Perlu diketahui bahwa biaya produksi yang harus Anda cantumkan bukan hanya biaya bahan baku, namun meliputi semua biaya operasional seperti gaji karyawan, listrik, sewa tempat, bahkan hingga biaya distribusi.

Menentukan Harga Jual suatu Produk

Menentukan Harga Jual suatu Produk

  • Harga Mark-Up

Jika Anda adalah seorang pedagang yang membeli barang dagangan dari supplier untuk dijual kembali, maka Anda bisa menerapkan rumus harga mark-up dengan cara :

Harga jual = Harga beli+mark up

Misalnya jika Anda membeli baju dari supplier dengan harga 100 ribu dengan mark-up 20 ribu, maka Anda bisa menjualnya dengan harga 120 ribu.

  • Harga Jual Break Even

Harga ini ditentukan dari permintaan pasar, namun tetap mempertimbangkan biaya produksinya. Sebuah perusahaan dikatakan merugi jika hasil penjualan berada di bawah titik break even dan jika berhasil melampaui titik tersebut,maka perusahaan dikatakan untung.

Baca juga :  Tips Merintis Bisnis Kuliner Agar Sukses dengan Cepat

 2. Harga Berdasarkan Permintaan (Deman Based Pricing)

Seperti kita tahu bahwa pasar memainkan peranan penting dalam sebuah usaha. Salah satu metode untuk menentukan harga jual suatu produk adalah dengan berdasarkan permintaan pasar.

Bagaimana caranya? Penetapan harga jual ini berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap value produk yang mereka terima. Anda bisa meneliti harga jual melalui sebuah analisa Price Sensitivity Meter. Anda bisa melakukan riset kecil dengan meminta pendapat dari konsumen berkaitan dengan produk Anda. Tanggapan dari konsumen tentang kualitas produk dan apakah harganya terlalu mahal, murah, atau bahkan terlalu murah.

 3. Harga Jual Berdasarkan Kompetitor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa persaingan bisnis juga sangat dipengaruhi oleh harga jual produk tersebut. Produsen yang mematok harga terlalu tinggi dibandingkan dengan kompetitornya tidak akan mudah diterima pasar. Sedangkan jika Anda mematok harga yang jauh di bawah harga kompetitor, maka Anda akan sulit berkemba dan bahkan mengalami kerugian.

Oleh karena itu, maka Anda perlu menganalisis terlebih dulu bagaimana kompetitor Anda menerapkan harga produknya. Jika Anda merasa bahwa kualitas produk hampir sama atau sekelas dengan kompetitor, maka Anda tidak boleh mematok harga jual yang terlampau tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan hati konsumen, maka Anda bisa menerapkan harga jual yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor. Tapi akibatnya margin atau keuntungan yang Anda dapatkan akan sangat sedikit.

Dengan adanya sistem ini, sering sekali kita menemukan perang harga antar produsen sebuah produk. Perang harga ini sebenarnya bertujuan untuk merebut pasar. Namun, yang paling diuntungkan adalah konsumen karena mereka bisa mendapatkan harga yang semakin murah dengan kualitas barang yang sama.

 4. Menyesuaikan dengan Daya Beli

Tidak semua lapisan masyarakat memiliki daya beli yang sama. Oleh karena itu, Anda harus merencanakan harga jual produk sesuai dengan kelas konsumen yang dibidik. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan strategi produksi sehingga bisa menghasilkan produk dengan harga jual yang terjangkau.

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Sukses Berbisnis Sayuran Organik

Itulah diatas beragam cara menentukan harga jual suatu produk yang bisa Anda terapkan pada usaha anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.