LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial

Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial. Perlu diektahui, Social anxiety disorder atau dikenal dengan fobia sosial merupakan rasa takut yang mendalam pada situasi sosial, karena selalu merasa ada orang lain yang mengawasi.

Biasanya, rasa takut yang dimaksud meliputi, ketakutan bila diperhatikan dan dinilai oleh orang lain, takut akan dibuat malu didepan publik, takut ada orang yang berpikiran buruk, dan selalu tidak percaya diri akan bisa melakukan suatu pekerjaan sesuai yang diharapkan.

Pastinya, jenis phobia ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan harga diri seseorang, mengganggu hubungan sosial dengan orang lain serta aktivitasnya di tempat kerja ataupun  ditempat lainnya.

Seseorang yang mengidap gangguan ini, kebanyakan memiliki hubungan yang sangat terbatas dengan orang lain, dan seringkali membuat mereka merasa kesepian dan terasing. Seseorang dengan gangguan fobia sosial  akan merasakan kecemasan dan khawatir berlebihan tentang situasi yang akan dijalani, dan biasanya  berusaha mencari alasan untuk tidak hadir, mengulur waktu, dan lainnya.

Gejala phobia sosial

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan para penderita phobia sosial ini, diantaranya  merasa cemas secara terus menerus , berhari-hari bahkan berbulan-bulan sebelum melewati situasi sosial yang akan dinggapnya cukup penting/menegangkan. Ketakutan yang berlebihan merasa diamati dan dinilai oleh orang, terutama yang tidak dikenal. Serta ketakutan berlebihan dimana anda merasakan bahwa anda akan membuat malu diri sendiri.

Mengenai gejala fisik phobia sosial, juga ada beberapa gejala yang ditunjukkan, mulai dari wajah memerah, nafas pendek,  gemetar, jantung serasa sesak, berkeringat dingin, merasa pusing dan sejenisnya.

Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial

Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial

Penyebab fobia sosial

  1. Kondisi lingkungan

Seseorang bisa mengidap phobia sosial karena pengaruh dari lingkungan. Seperti misalnya ia bullying di kelompok sosialnya atau mengalami kejadian yang amat sangat memalukan. Pengidap fobia sosial sering berada pada kondisi sosial yang tidak memihak, tidak mendidik dan tidak ada ruang baginya untuk berinteraksi sosial. Seperti Kondisi sosial yang tidak bisa menerima kekurangan, kelainan, atau cacat kemudian ia pada akhirnya tidak diterima masyarakat atau diasingkan.

  1. Psikologis

Penderita phobia sosial biasanya mempunyai harga diri rendah. Merasa takut akan ditolak lingkungan sekitar dan tidak mempunyai rasa percaya diri yang cukup baik dari segi penampilan maupun karakter diri.

  1. Cara berpikir dan karakter

Cara berpikir instan, dapat membuat seseorang menggantungkan harapan berlebih terhadap usaha yang dilakukanya. Tetapi, ketika hasil yang didapat tidak sesuai harapan, ia akan merasa malu dan rendah diri. Merasa ketakutan orang lain mengetahui kesalahanya dalam melakukan sesuatu.

Baca juga : Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Sebaiknya Dikurangi

Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial

  1. Menerima diri apa adanya

Sekeras apapun anda berusaha, tiap orang punya kekurangan. Jangan terus menerus merasa khawatir terhadap kekurangan anda dan jangan selalu merasa rendah diri. Setiap orang juga punya potensi termasuk anda, gali potensi anda dan jadikan itu sebagai pemacu jiwa anda merasa lebih hidup. Biasanya potensi atau passion anda lah yang membuat anda merasa hebat sehingga ketika berinteraksi dengan orang lain anda tidak selalu merasa rendah diri. Anda pun punya kelebihan.

  1. Lawan rasa takut dan ubah mindset

Jangan terus-menerus mau di tindas oleh rasa takut diri anda sendiri, bangkit dan lawan rasa takut yang kamu miliki. Ubah mindset anda menjadi positif mengenai pandangan anda terhadap orang lain.

Apa yang anda pikirkan akan sangat mempengaruhi kondisi psikis dan fisik anda. Misal kamu akan bertemu si A, sebelum waktu pertemuan tiba, pikiran anda dikacaukan oleh rasa takut dan khawatir berlebih.

Rasa ketakutan yang berlebih yang tertanam dalam psikis anda, akan berdampak juga pada fisik anda, hasilnya, ketika waktu pertemuan tiba anda merasa gugup, kaku, gemetar karena membenarkan kecurigaan anda dan kekhawatiran mengenai hal negatif yang anda dapatkan ketika pertemuan berlangsung. Tanamkan pola pikir positif untuk interaksi sosial yang lebih baik ya.

Baca juga : Gejala-gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Nah, itu dia diatas sedikit pengetahuan terkait Cara Tepat Mengatasi Social Anxiety Disorder Atau Fobia Sosial, dan hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.