Cara Mudah Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah

0
35

Setiap orang pastinya memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda. Dan tahukah anda bahwa kondisi psikologis tersebut bisa anda lihat melalui bahasa tubuh dan ekspresi wajah ketika mereka berbicara. Walaupun pada saat itu ia berusaha untuk menyembunyikan perasaan yang sesungguhnya. Nah, penasaran ingin tahu bagaimana cara mengenali dan Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah tersebut?

Macam-Macam Ekspresi Wajah Dan Makna Dibaliknya

Dibawah ini telah kami rangkum, ulasan tentang beragam ekpresi wajah serta makna dari masing-masing ekspresi tersebut.

  1. Bahagia

Ketika seseorang mengalami kondisi yang sedang berbahagia atau hatinya berbunga-bunga karena sesuatu, maka ia akan mengekspresikannya melalui senyuman. Senyuman sendiri merupakan salah satu ekspresi positif yang biasanya ditunjukkan oleh seseorang. Untuk mengenali bahwa ekspresi itu adalah ekspresi wajah yang bahagia, maka anda bisa melihat ciri-cirinya yaitu bagian otot pipi yang naik ke atas dan juga kedua sisi bibir akan membentuk sebuah senyuman. Jika seseorang menandakan ciri-ciri di atas, maka bisa dikatakan bahwa ia sedang merasakan bahagia yang memang asli, bukan dibuat-buat.

  1. Sedih

Perasaan sedih biasanya datang ketika seseorang mengalami hal yang tak diinginkan. Seperti putus cinta atau mendapatkan nilai yang jelek dalam pelajaran. Walaupun ekspresi sedih sebenarnya bisa disembunyikan melalui senyuman, tetapi anda bisa menebak perasaan yang sesungguhnya dari ciri-ciri bentuk raut wajah yang ia tampakkan pada saat itu.

Untuk mengetahui bahwa ekspresi wajah itu adalah benar-benar ekspresi sedih, maka anda bisa melihat ciri-cirinya pada bagian bibir yang tertarik ke arah bawah dan juga bagian kelopak mata atas akan menggantung lemah.

Cara Mudah Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah
Cara Mudah Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah
  1. Takut

Perasaan takut biasanya datang secara tiba-tiba dan perasaan seperti ini sangatlah manusiawi. Perasaan takut yang datang biasanya, ketika seseorang tidak mampu mengatasi suatu hal yang ada di depannya. Ada beberapa ciri ekspresi wajah yang bisa anda lihat ketika orang tersebut merasakan takut, yaitu dari bentuk alisnya yang naik secara bersamaan. Selain itu juga terdapat ciri kelopak mata yang tegang dan bibir terbuka secara horizontal, terlebih ketika seseorang merasakan takut yang luar biasa.

Baca juga : Lebih baik Mana Antara Kepribadian Introvert atau Ektrovert?

  1. Marah

Ekspresi marah yang dialami oleh seseorang adalah sebuah ekspresi yang sangat sulit untuk disembunyikan. Biasanya, pemicu kemarahan pada seseorang adalah adanya suatu hal yang tak sesuai dengan kehendak dan pikirannya. Dan karena menghadapi hal yang bertentangan tersebut, munculah perasaan marah.

Cara mudah untuk mengenali ekspresi marah pada seseorang lewat ekspresi wajahnya adalah dengan melihat alis bagian dalam yang mendekat serta mata yang menajam. Ketika anda menemukan ekspresi wajah yang seperti itu, maka bisa dikatakan bahwa ia benar-benar dalam kondisi perasaan yang marah

  1. Terkejut

Ekspresi terkejut merupakan salah satu ekspresi yang sangat sulit untuk disembunyikan. Biasanya ekspresi ini datang ketika seseorang kaget atas datangnya sesuatu yang tidak pernah diduga sebelumnya. Orang yang terkejut akan memiliki ekspresi wajah dengan ciri-ciri alis yang naik, mulut yang tidak sengaja terbuka dan juga mata yang terbuka lebar (melotot).

  1. Muak

Ekspresi muak biasanya timbul ketika seseorang merasa tidak menyukai suatu hal yang yang ia lihat. Anda dapat melihat ekspresi muak dengan ciri-ciri wajah bagian batang hidung yang berkerut dan juga bibir akan naik ke atas. Jika anda menemukan ekspresi seperti itu, maka bisa dipastikan bahwa ia sedang muak dengan susuatu.

Baca juga : Mengenal dan Memahami Teori Belajar Piaget

Nah, itulah sedikit pengetahuan bagi anda yang ingin belajar membaca kondisi psikologis lewat ekspresi wajah seseorang. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.