LiburanLiburan Asik !!

Cara merekam tampilan pada layar monitor

Pada kali ini saya akan berbagi share cara membuat tutorial dalam bentuk atau format video, atau sebenarnya bisa dikatakan juga cara secreen-recod/merekam tampilan pada layar  komputer  dalam bentuk video.

Secreen recod ini bisa digunakan untuk membut cara-cara belajar sesuatu yang biasanya berhubungan  dengan ilmu komputer Atau sering diistilahkan toturial petunjuk atau panduan belajar komputer. Panduan tentang komputer sebenarnya sangat bermancam-macam dan bisa kita temukan baik di internet, buku, atau majalah yang disajikan dalam format gambar dan tulisan dll.

Panduan yang paling mudah untuk belajar komputer itu, bila disajikan dalam bentuk video yang bisa kita lihat dan downlod di youtube, sehingga seseorang yang baru belajar komputer  baik tentang internet, blog, aplikasi atau sotfware dll pasti akan lebih mudah memahami, karena panduan tersebut langkah-langkahnya disajikan langsung secara langsung detail melalui video.
Langkah awalnya yaitu kita mendownload aplikasi, salah satu aplikasi yang bisa digunakan yaitu Screen2exe aplikasi ini bisa didownload secara gratis untuk versi standarnya/free silahkan didownload disini
http://www.screen-record.com/dl/SCREXESetup.exe, namanya juga gratisan jadi pasti ada kekurananya yaitu format hasil dari  videonya bisa dibuka kalau ada aplikasi Screen2exe ini, tapi lumayan bisa untuk belajar dan mencoba-coba.
Sedangkan untuk versi trialnya bisa didownload disini http://www.screen-record.com/dl/SCRSWFTrailSetup.exe nama aplikasinya Screen2swf untuk yang ini sudah mendukung format avi sehingga hasilnya bisa dibuka dengan windows media player yang ada pada LP/PC sobat-sobat.

Langkah selanjutnya setelah didownload instal aplikasi tersebut, Kemudian Jalankan aplikasi tersebut, akan muncul seperti gambar dibawah ini

 

Kemudian klik start record, maka akan merecord atau rekam tampilan pada monitor komputer kita. Jika sudah selesai screen record yang kita buat, selanjutnya kita tekan F10 untuk stop recor sedangkan untuk pause kita tekan F9.

Jika Hasil dari screen record ingin kita edit maka tekan continue/Edit, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai mengedit selanjutnya kita save, tempatkan file yang akan kita simpan kemudian diberi nama file tersebut, seperti contoh pada gambar dibawah ini

 Kemudian klik save selesai, maka kita sudah bisa merekam screen pada dekstop komputer kita.
Berikut contoh hasil dari sreen record tentang blog tipsh4re, untuk contoh dibawah ini menggunakan aplikasi trial Screen2swf yang sudah mendukung format Avi, tapi sangat terbatas sekali untuk durasi waktu record untuk versi trial ini.

                                   
Terimakasih semoga bermanfaat !!!!
19 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.