LiburanLiburan Asik !!

Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi

Merawat bayi bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi, dengan kulitnya yang masih sangat sensitif, banyak hal-hal kecil yang perlu diperhatikan. Termasuk menjaga kesehatan dan kelembutan kulit si kecil. Meskipun pada umumnya bayi memiliki kulit yang lembut karena lapisan epidermisnya yang belum tumbuh,  terkadang kulit bayi bisa mengalami kekeringan, ruam, dan jerawat.

Untuk itu, sebaiknya simak dan terapkan beberapa cara merawat kulit si bayi supaya selalu sehat dan lembut berikut ini.

Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi :

Gunakan Baby Oil Saat Mandi

Memandikan bayi setiap hari dapat menjaga kebersihan kondisi kulit pada bayi, terutama pada 4 bulan pertama setelah kelahiran. Untuk menambah kelembutan pada kulit bayi, Anda bisa mencampurkan sekitar 5 tetes baby oil ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Jangan lupa, pastikan sabun yang digunakan adalah sabun yang khusus untuk bayi. Jika hal ini dilakukan secara rutin, kulit bayi Anda dijamin akan lebih halus dan lembut.

Baca juga : Buat Para Bunda, Ini Dia Tips Memandikan Bayi yang Benar

Gunakan Air Tajin

Selain baby oil, ternyata ada bahan alami yang mampu membuat kulit bayi Anda bebas dari masalah kekeringan dan menjaga kelembutannya. Bahan tersebut adalah air tajin. Anda bisa memanfaatkan air tajin ini untuk memandikan si kecil. Yup, air hasil cucian beras ini memang masyhur dengan khasiatnya yang sangat baik untuk kulit. Kandungan yang dimiliki air tajin bisa membuat kulit kenyal dan lembut. Tak ayal, kini sudah banyak produk bayi yang terbuat dari rice essence.

Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi
Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi

Berikan Pelembab

Setelah memandikan si kecil, Anda bisa mengaplikasikan pelembab atau lotion khusus bayi untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Jika kelembaban terjaga, maka kulit bayi akan selalu lembut dan halus. Selain itu, pelembab juga mampu mencegah bayi mengalami bentolan atau jerawat pada kulit.

Berikan Pijatan Lembut

Selain hal tersebut, Anda juga bisa memberikan pijatan lembut pada si kecil setelah mandi. Pijatan bermanfaat untuk melancarkan peredaran bayi sehingga seluruh bagian tubuh akan mendapatkan asupan oksigen yang maksimal. Jadi, kulit bayi akan semakin sehat. Anda bisa gunakan minyak zaitun atau baby oil agar keembutan kulitnya bertambah.

Lindungi dari Sinar Matahari

Apakah Anda tergolong orangtua yang sering membawa bayi Anda keluar rumah dan berada di bawah sinar matahari? Jika iya, Anda perlu memperhatikan intensitasnya demi menjaga kelembutan kulit si kecil. Sebenarnya, sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, jangan terlalu lama menjemur apalagi membiarkan bayi Anda berada di bawah paparan sinar UV walau di pagi hari sekalipun. Ingat, yang berlebihan itu tidak baik.

Baca juga : Cara Terbaik dalam Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Apalagi, radiasi sinar matahari bisa mempengaruhi kondisi kulit bayi jika terpapar secara langsung. Sebaiknya, aktivitas berjemur di pagi hari dilakukan kurang dari 30 menit karena jika berlebihan akan dikhawatirkan bisa mempengaruhi permukaan kulit bayi. Jika Anda ingin mengajak si kecil keluar rumah di siang hari, lindungi kulit bayi dengan menggunakan pakaian dan topi yang bisa menutupi tubuhnya.

Sudah tahu kan bagaimana Cara Merawat Kesehatan dan Kelembutan Kulit Bayi ? Cara-cara tersebut bisa segera Anda terapkan pada buah hati Anda untuk mendukung penampilan si kecil agar semakin menggemaskan. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.