LiburanLiburan Asik !!

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Aman dan Benar

Menyusui bayi yang baru lahir membutuhkan kehati-hatian dan tidak bisa sembarangan. Karena tubuh bayi masih beradaptasi dan sangat lemah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ibu perlu memperhatikan beberapa hal ketika menyusui. Berikut ini ulasan mengenai manfaat menyusui dan cara menyusui bayi baru lahir.

menyusui bayi

Manfaat Menyusui Bayi bagi Ibu

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Ibu hamil umumnya mengalami kenaikan kolesterol dalam darah akibat pola makan dan berat badan berlebih. Pemberian ASI pada bayi dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tekanan darah pada ibu juga dapat diturunkan dengan menyusui bayi. Sehingga ibu dapat terhindar dari penyakit jantung.

Baca juga : Ciri-ciri masa kehamilan sehat

Saat menyusui kadar hormon ibu hamil yang berlebih dapat dikurangi sehingga berdampak pada penurunan risiko kanker payudara. Ibu yang menyusui akan mengalami infeksi yang disebut mastitis. Karena infeksi tersebut tubuh memunculkan antibodi untuk mengatasinya. Antibodi yang dihasilkan itulah yang dapat menguatkan sistem tubuh ibu dari serangan kanker ovarium.

Membakar Lemak dan Mendorong Hormon Baik

Ibu hamil sering kali bermasalah dengan berat badan. Kenaikan berat badan dipicu karena ibu hamil menambah asupan nutrisi dan kalori untuk menjaga kesehatan janin. Ibu yang menyusui bisa membakar lemak hingga 480 kalori tiap harinya. Lemak dalam tubuh ibu menyusui juga dapat berkurang.

Selama menyusui tubuh ibu akan memproduksi hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin membantu pengembalian ukuran rahim ke ukuran normal. Sedangkan hormon prolaktin membuat siklus ovulasi berhenti sementara sehingga ibu tidak mengalami menstruasi.

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir dengan Baik

Perhatikan Posisi Tubuh

Ibu perlu memperhatikan cara menyusui bayi yang baru lahir agar bayi tidak tersedak atau muntah. Tubuh bayi yang baru lahir masih lembut dan rentan karena itu ibu harus berhati-hati saat memegang tubuh bayi. Tempatkan badan bayi menghadap tubuh ibu, dengan tubuh bayi menyentuh bagian perut ibu. Arahkan kepala bayi menghadap payudara ibu, kemudian biarkan bayi menghisap ASI.

Ketika menyusui jangan menekan tubuh ke arah bayi, namun beri jarak dengan sedikit memundurkan tubuh agar bayi menghisap lebih kuat. Ibu juga sebaiknya menghindari posisi tidur saat menyusui bayi. Sebab sistem pernafasan bayi yang baru lahir belum sempurna sehingga posisi tidur sambil menyusui bisa berbahaya bagi bayi.

Ibu bisa menggunakan bantal yang lembut untuk menyangga tubuh bayi ketika menyusui. Dalam posisi duduk posisikan bantal di pangkuan, lalu tidurkan bayi di atas bantal. Sesuaikan posisi kepala bayi ke arah payudara. Pemberian penyangga saat menyusui membuat posisi menyusui lebih nyaman dan posisi tubuh bayi tidak berubah.

Setelah menyusui tegakkan kepala bayi untuk mencegah bayi muntah. Untuk menegakkan kepala bayi, tinggikan posisi tangan yang menyangga kepala bayi. Kepala bayi yang ditegakkan membantu ASI yang terakhir di hisap untuk masuk ke kerongkongan. Jangan lupa untuk membantu bayi bersendawa supaya udara yang tertelan bisa keluar.

Beri Sedikit Stimulasi pada Bayi

Terkadang ada bayi yang kesulitan untuk menghisap ASI. Oleh karena itu, bantu bayi untuk membuka mulut dengan lebar setelah itu arahkan mulut bayi untuk menghisap puting. Jika bayi masih kesulitan menghisap, maka peras payudara dengan lembut untuk membantu ASI keluar.

Baca juga : Manfaat periksa gigi saat masa kehamilan

Ada beberapa bayi kesulitan untuk menyusu. Untuk mengatasinya, ibu bisa memposisikan kepala bayi ke arah payudara, dengan menepuk perlahan pipi bayi hingga kepala bayi mengarah ke puting. Bantu bayi menemukan puting dan biarkan bayi menghisap ASI.

Menyusui bayi bukanlah hal mudah, tapi dengan menyusui ibu akan memperoleh beberapa manfaat. Supaya proses menyusui berjalan lancar dan aman. Ada cara menyusui bayi baru lahir yang bisa ibu ikuti, antara lain memposisikan tubuh dengan benar dan menstimulasi bayi yang kesulitan menyusu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.