LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara menyimpan makanan pada kulkas supaya awet

Salah satu cara supaya makanan awet dan tidak mudah basi atau busuk yaitu menyimpan makanan tersebut didalam kulkas, karena dinginnya suhu didalam kulkas bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan, sehingga makanan lebih awet. Akan tetapi ketika akan menyimpan makanan dikulkas tidak boleh sembarangan, karena malah bisa membuat makanan bisa menjadi rusak dan mengkontaminasi makanan yang lain.

 

 

Berikut tips menyimpan makanan didalam kulkas supaya lebih awet :
  • Suhu yang tepat
Pastikan suhu kulkas berkisar antara 5 derajat celscius. Karena pada suhu ini bakteri tidak mudah berkembang sehingga bahan makanan akan lebih awet dan lebih tahan lama.
  • Menjaga kebersihan kulkas
Rawat kulkas secara teratur, bersihkan kulkas untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang bisa menyebar pada makan didalam kulkas dan tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Penempatan yang benar
Ketika menyimpan makanan juga harus tepat sesuai jenis makanannya, makanan apa saja yang membutuhkan suhu yang paling dingin, pisahkan makanan yang satu dengan yang lain misalnya antara sayur dan buah harus dipisah.
  • Kebersihan makanan
Ketika akan memasukan makanan kedalam kulkas harus dalam keadaan bersih karena bisa menyebabkan makanan lain tersebar bakteri. Misalnya mencuci buah-buahan sebelum disimpan di kulkas. Sehingga makan didalam kulkas lebih higenis dan tahan lama.

Terimakasih semoga bermanfaat.

6 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.