LiburanLiburan Asik !!

Cara Menjemput Jodoh Menurut Pandangan Islam

Jodoh adalah hal tidak pasti kapan datangnya. Bagi Anda yang sampai saat ini belum menemukan jodoh yang pas, tidak perlu merasa khawatir. Karena sebagai umat muslim kita harus percaya jika jodoh dan maut Allah SWT telah mengaturnya. Akan tetapi, tentunya jodoh tersebut tidak akan Allah berikan dengan cuma-cuma. Sebagai manusia, harus ada usaha atau ikhtiar dalam menjemput jodoh kita tersebut.

Cara Menjemput Jodoh dalam Islam

  1. Selalu Evaluasi dan Perbaikan Diri

Setiap orang pasti mendambakan bisa memiliki pasangan yang baik dan mampu membawanya ke surga. Namun, impian tersebut hanya akan menjadi angan-angan saja jika kita tidak melakukan perbaikan diri. Sebagaimana yang disampaikan Allah di dalam QS. An Nur : 26 bahwa wanita keji hanya untuk laki-laki keji dan begitu pula sebaliknya, wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik. Sehingga, jika Anda mengharapkan jodoh yang baik, buatlah diri Anda baik.

Cara Menjemput Jodoh Menurut Pandangan Islam
Cara Menjemput Jodoh Menurut Pandangan Islam

  1. Tingkatkan Ibadah Wajib dan Perbanyak Ibadah Sunnah 

Orang bilang, jika kita ingin mendekati wanita, maka dekatilah ayahnya. Karena segala keputusan dan ketetapan ada di tangan Allah SWT, maka jika kita mendekati Allah, maka Allah pun akan memudahkan jalan kepada kita untuk mendapatkan jodoh yang baik. Jangan meninggalkan dan menunda shalat lima waktu. Jika ibadah wajib telah ditunaikan, Anda bisa melakukan ibadah-ibadah Sunnah agar semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

  1. Perbanyak Doa Bermunajad Kepada-Nya

Jangan pernah lelah untuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT untuk selalu didekatkan dengan jodoh yang terbaik. Karena doa tidak mungkin langsung terkabul saat kita memohonnya, maka teruslah bermunajad saat setelah shalat untuk memohon dibimbing kepada jodoh yang baik

Mintalah kepada kedua orang tua untuk turut serta mendoakan kita. Karena do’a orang tua kepada anaknya adalah do’a yang paling ampuh. InsyaAllah, jalan untuk menjemput jodoh yang shaleh/shalehah bagi Anda akan terasa mudah.

  1. Jangan Abaikan Tanda-Tanda yang Diberikan-Nya

Banyak orang yang merasa bahwa Allah tidak pernah mengabulkan do’anya. Padahal, bisa jadi kita sendiri tidak menyadari bahwa Allah sebenarnya telah mengabulkannya dengan menunjukkan tanda-tandaNya kepada kita. Namun, kita justru mengabaikan dan menganggapnya angin lalu. Bisa jadi, saat ini di sekitar Anda ada seseorang yang merupakan jodoh Anda namun Anda mengabaikannya padahal Allah sudah menunjukkan beberapa tanda-tanda. Jangan sampai Anda justru menyesal dan kecewa.

Baca juga : Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam

  1. Sabar dan Tawakal

Bila Anda sudah melakukan cara-cara diatas dengan benar dan sungguh-sungguh, cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah bersabar. Tunggu dengan sabar bagaimana keputusan yang akan ditetapkan Allah sambil terus berdoa tiada putusnya. Dengan tawakal, kita akan merasa tenang dan tidak perlu risau sebab Allah pasti akan memberikan yang terbaik atas apa yang telah kita usahakan. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya, QS. Ali Imran ayat 159 bahwa Allah menyukai orang-orang yang tawakal.

  1. Perbanyak Sedekah

Jangan meremehkan keajaiban dari sedekah. Jika kita rajin bersedekah, maka Allah akan semakin memudahkan setiap langkah kita untuk menjemput jodoh. Perbanyak bersedekah, maka hidup Anda akan menjadi mudah dan lapang. Telah banyak yang membuktikan kekuatan dari sedekah.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjemput jodoh yang ada di tangan Allah. Tetaplah berikhtiar dan memanjatkan do’a kepada-Nya. Semoga Anda segera dipertemukan dengan jodoh yang sesuai dan sholeh/sholehah. Amin..

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.