LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Anda pernah dilanda kepanikan saat bayi Anda mengalami demam? Tenang saja, itu normal terjadi. Namun begitu, sebagai orangtua wajar jika Anda akan di hinggapi rasa khawatir saat mendapati si kecil sedang mengalami panas yang tinggi.

Demam pada bayi sebenarnya bisa memiliki banyak arti. Bisa jadi tubuh si kecil sedang mengalami perlawanan terhadap penyakit seperti halnya yang sering terjadi setelah bayi mendapatkan imunisasi. Atau mungkin bayi terlalu lama berada di luar ruangan saat cuaca sedang panas maupun dingin. Akan tetapi, jika demam berlangsung lebih dari 24 jam dan tak kunjung turun, maka mungkin saja gejala penyakit yang lain sedang muncul.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu panik dan kebingungan karena berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam pada bayi. Yuk, disimak.

  • Mandikan bayi dengan air hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memandikan bayi. Jangan lupa, gunakan air hangat. Selain bisa menetralkan suhu tubuh, penggunaan air hangat juga dapat berpengaruh pada kondisi pernapasan si kecil. Ketika menghirup uap yang dihasilkan dari air hangat, pernapasannya akan lancar serta syaraf-syarafnya akan lebih rileks.

Baca juga : Buat Para Bunda, Ini Dia Tips Memandikan Bayi yang Benar

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

  • Kenakan pakaian yang nyaman

Saat bayi menderita demam tinggi, pastikan Anda tidak panik dan pakaikan baju yang nyaman pada bayi. Hindari pakaian dengan bahan yang tebal karena akan semakin menaikkan suhu tubuh si kecil.  Sebaiknya bayi mengenakan pakaian berbahan tipis namun tetap nyaman, contohnya kaos tipis yang tidak terlalu terbuka.

  • Berilah cairan yang cukup

Salah satu cara ampuh yang mampu memulihkan demam pada bayi dengan cepat adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup. Anda bisa memberikan ASI, susu formula, atau air putih. Berikan dalam jumlah yang cukup banyak lebih dari biasanya karena dikhawatirkan tubuhnya mengalami dehidrasi.

  • Gunakan obat sesuai resep dokter

Jika cara-cara tersebut telah dilakukan tetapi demam si kecil tidak kunjung turun, segera konsultasi ke dokter. Ingat, jangan memberikan obat secara acak kepada bayi karena bisa berakibat fatal. Berikan dosis yang sesuai dengan resep dokter.

Meskipun demam merupakan kondisi yang wajar, Anda tidak boleh lengah dan tetap harus waspada. Anda harus memberi perhatian khusus saat si kecil mengalami tanda-tanda seperti kehilangan nafsu makan, lesu dan tidak bersemangat, pernafasan terganggu, mulut kering, kejang, dan lain-lain.

Baca juga : Cara Terbaik dalam Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Dan apabila anda sudah menerapkan cara di atas, namun buah hati anda tak kunjung sembuh, maka alangkah baiknya jika anda segera membawanya ke dokter atau pukesmas terdekat, agar di beri pertolongan yang tepat.

Oya, bila bayi anda berusia kurang dari 3 bulan, idealnya jangan tunda lagi membawanya ke dokter bila mengalami demam, karena pada usia tersebut bayi masih sangat rentan terhadap penyakit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.