LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara Membuat Pembagian Kelompok Acak Pada Excel

Pada kesempatan tipsh4re ini akan membahas contoh cara membuat kelompok secara acak antara yang pintar dengan yang  kurang pintar diacak combain/gabung untuk mempermudahnya sebagai contoh untuk latihan yaitu cara membuat pembagian kelompok combain/acak. atau bisa juga digunakan untuk pembagian kelas combain, kelas  semacam ini memang jarang digunakan dan biasanya kelas akan dibagi berdasarkan dengan kemampuan dari masing-masing siswa, siswa yang memiliki nilai tertinggi akan masuk kelas atas dan seterusnya.
Langsung saja contohnya yaitu sebagai berikut buat data seperti contou di bawah ini atau bisa di download disini

Pada contoh di atas  akan di bagi klompok  menjadi 4 berdasarkan rangking atau tergantung sesuai kebutuhan misalnya untuk 4 klompok maka kita ketikan klompok A, B, C dan D. dengan urutan A, B, C, D, kemudian ke D, C, B, A supaya lebih teracak  kemudian kita drag kebawah. atau boleh juga A, B, C, D kemudian A, B, C, D dst sesuai keinginan dan kebutuhan.

 

Selanjutnya kita selact data dari no induk, kelas, rangking dan kelompok ke bawah kemudian klik pada menu editing >> sort and filter >> klik filter.

 

Kemudian klik pada kelompok sort dari A to Z, selesai maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini

Terimakasih semoga bermanfaat dan silahkan sobat-sobat bisa kembangkan lagi untuk keperluan pembagian data acak yang lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.