LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara Membina Rumah Tangga yang Harmonis Sesuai Kaidah Islam

Membangun sebuah rumah tangga dibutuhkan komitmen yang kuat. Rasa saling percaya antara satu sama lain merupakan pondasi awal dalam membina rumah tangga. Jika sebuah rumah tangga tersebut harmonis maka kebahagiaan dalam rumah tangga dapat tercapai.

Guna mencapai kebahagiaan tersebut,  di bawah ini kami bagikan ulasan mengenai cara membina rumah tangga yang harmonis menurut kaidah Islam. Silahkan disimak.

Membina Rumah Tangga yang Harmonis Sesuai Kaidah Islam

  • Memahami makna dan tujuan dari pernikahan

Pada setiap pernikahan pastinya memiliki tujuan yang mulia yaitu mencari Ridho Allah SWT. Ketika kita memutuskan untuk melangsungkan pernikahan, tentunya secara tidak langsung kita memiliki kesiapan dalam membangun rumah tangga sesuai dengan apa yang diajarkan didalam Agama Islam. Melaksanakan apa yang diperintahkan serta menjauhi apa yang dilarang dapat menjadikan rumah tangga yang dibina menjadi harmonis.

  • Menciptakan kasih sayang di lingkungan keluarga

Didalam suatu lingkungan keluarga menciptakan kasih sayang antar sesama anggota keluarga dapat menjadikan keluarga damai, tenang serta harmonis. Dengan adanya kasih sayang tentunya dapat menghindarkan kita dari rasa cemburu berlebihan terhadap pasangan. Seperti yang telah dijelaskan didalam ajaran Islam bahwa cemburu secara berlebihan sangatlah dilarang oleh Agama. Kasih sayang yang besar tehadap pasangan dapat memperkokoh rasa cinta dan dapat menghargai satu sama lainnnya.

  • Menjalankan hak dan kewajiban dengan baik

Hak dan kewajiban merupakan sesuatu hal yang saling berkaitan. Ketika kita mampu menjalankan kewajiban sebaik mungkin, tentunya kita juga akan mendapatkan hak kita sebaik mungkin. Berangkat dari hal tersebut, ada baiknya sebagai suami dan juga istri saling mengetahui kewajiban masing-masing.

Cara Membina Rumah Tangga yang Harmonis Sesuai Kaidah Islam

Cara Membina Rumah Tangga yang Harmonis Sesuai Kaidah Islam

Kewajiban sebagai suami

  • Setiap suami diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan bersifat Ruhiyah yaitu suatu kebutuhan yang menyangkut tentang agama dan juga aqidah. Seperti yang telah ditentukan didalam ajaran Agama Islam bahwa setiap pemimpin haruslah seorang laki-laki. Maka dari itu kewajiban utama suami adalah memberi pendidikan agama Islam di Lingkungan keluarga. Sehingga didalam rumah tangga akan terbentuklah keharmonisan sesuai dengan kaidah Islam.
  • Para suami hendaknya dapat memenuhi kebutuhan yang bersifat jasadiyah seperti kebutuhan sandang, pangan dan juga papan. Dan juga kebutuhan yang bersifat Aqliyah seperti pendidikan terhadap anak.

Kewajiban sebagai seorang istri

  • Setiap istri diwajibkan untuk menjaga harkat dan martabat suami. Karena seorang istri merupakan pencerminan dari sebuah rumah tangga. Jika didalam suatu rumah tangga seorang istri tidak mampu menjaga harkat dan martabat suami pastilah rumah tangga tersebut tidak akan menemukan keharmonisan dan juga dapat mengakibatkan pertengkaran didalam rumah tangga. Dan tentunya hal tersebut dimurkai oleh Allah SWT.

 

  • Memahami dan menerima kelebihan dan kekurangan pasangan

Setiap manusia selalu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitupun juga dengan pasangan suami istri. Apabila kita menginginkan sebuah rumah tangga yang harmonis, ada baiknya untuk memahami kekurangan dan kelebihan pasangan. Manfaatkan hal tersebut untuk saling bekerjasama membangun keluarga yang harmonis serta sakinah mawaddah warahma.

Membangun rumah tangga bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun selama kita memiliki kemauan dan ber-tawakal kepada Allah SWT, serta menjalankan rummah tangga sesuai dengan kaidah Islam, tentukan rumah tangga yang kita bina senantiasa harmonis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.