Cara Melatih Shalat Tepat Waktu

0
12

Shalat termasuk kedalam rukun islam yang ke dua. Shalat ini merupakan salah satu amalan yang wajib dilakukan oleh setiap orang muslim. Hal ini dikarenakan Shalat menjadi bentuk ketaatan seorang muslim akan perintah Tuhannya. Seorang muslim harus melakukan Shalat sebanyak lima waktu dalam sehari semalam dengan waktu yang telah ditentukan.

Namun tekadang dalam pelaksanaannya kita sering lalai, tidak tepat waktu menjadi salah satu hal yang sering kita lakukan ketika menunaikan ibadah yang satu ini, bahkan terkadang ketika lalai tersebut tidak terkendali, kita kerap meninggalkan ibadah wajib yang satu ini.

Allah SWT telah menyerukan kepada umat manusia, bahwa jika kita lalai dalam mengerjakan Shalat berarti kita telah lalai dalam menjalankan perintah-NYA. Dan untuk itu neraka dengan api yang sangat panas akan menjadi balasannya kelak di akhiir zaman. Agar kita terhindar dari siksa api neraka maka melaksanakan Shalat tepat waktu menjadi sebuah keharusan bagi seorang muslim. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar terhindar dari kalalaian Shalat.

Cara Melatih Shalat Tepat Waktu :

  1. Pasang aplikasi adzan pada gadget

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Gadget memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah dapat memasang berbagai aplikasi untuk menunjang kegiatan keseharian anda dan salah satunya aplikasi adzan.

Pasanglah aplikasi adzan tersebut dalam gadget anda, sehingga ketika waktu Shalat telah tiba maka secara otomatis gadget anda akan mengumandangkan adzan dan hal ini akan mengingatkan anda untuk segera menunaikan ibadah Shalat.

Cara Melatih Shalat Tepat Waktu
Cara Melatih Shalat Tepat Waktu
  1. Berwudhu lebih awal

Salah satu rukun dan tata cara Shalat adalah berwudhu, dan wudhu tersebut harus anda jaga hingga anda selesai menunaikan Shalat. Maka untuk selalu ngingatkan anda pada waktu Shalat, berwhudhulah lebih awal. Hal ini dilakukan agar anda senantiasa menantikan waktu Shalat dalam menjaga wudhu anda. sehingga ketika waktu Shalat telah tiba anda akan menyegerakannya karena anda masih memiliki wudhu.

Baca juga : Manfaat Dan Keutamaan Sholat Tahajud

  1. Hindari kesibukan di waktu Shalat

Sebagai seorang muslim pastilah anda mengetahui waktu-waktu Shalat setiap harinya, walaupun terkadang tidak tahu secara tepatnya, tapi anda dapat memperkirakan waktu Shalat tersebut. Sehingga hindarilah kesibukan dalam waktu – waktu tersebut, baik itu janji, rapat ataupun kegiatan duniawi lainnya.

Jika anda terlanjur melakukan sebuah aktifitas saat waktu Shalat telah tiba, maka izinlah dan tinggalkanlah dengan cara yang santun untuk menunaikan ibadah Shalat karena Shalat tidak akan memerlukan waktu yang lama.

  1. Keteladanan

Shalat tepat waktu dapat dilatih sejak dini, sejak usia masih kanak-kanak. Dan cara yang paling ampuh digunakan untuk melatih anak tepat waktu saat melaksanakan Shalat adalah dengan keteladanan.

Baca juga : Manfaat Shalat Sunat IstiKharah, Menjadi Jembatan Komunikasi Kita dengan Allah

Anak merupakan mahkluk peniru yang paling hebat, ia akan meniru seluruh hal yang ada di lingkungan sekitarnya sebagi media untuk belajar, sehingga ketika kita mencontohkan hal yang baik seperti Shalat tepat waktu hal tersebut dapat dituru dan dijalankan kelak dikemudian hari.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melatih diri agar melaksanakan ibadah tepat waktu terutama ibadah Shalat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.