LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Cara Berdagang Atau Berbisnis Menurut Rasulullah Saw

Di dalam mencari nafkah banyak orang yang menjalankan bisnis atau dengan berdagang. Berbisnis yang baik serta halal yaitu dengan cara berdagang atau berbisnis menurut Rasulullah atau yang sesuai dengan semua ajaran-ajarannya. Bagi umat yang beragama Islam sunah hukumnya dalam mengikuti semua ajaran-ajaran yang diterapkan oleh Rasulullah. Semua hal tersebut dilakukan tak lain untuk mendapatkan kehidupan yang berkah bahagia serta senantiasa dilindungi oleh Allah.

Sehingga dalam kegiatan berdagang juga harus sesuai dengan ajaran Islam yang benar serta akan mendapatkan pahala. Dalam menjalankan bisnisnya Anda tak hanya mencari keuntungan saja namun yang jauh lebih penting yaitu mendapatkan barokkah serta pendapatan yang halal.

Cara Berdagang atau Berbisnis Menurut Rasulullah SAW

Berdagang atau Berbisnis Menurut Rasulullah SAW

Sehingga dalam menjalankan bisnisnya Anda harus senantiasa mengikuti tata cara berdagang atau berbisnis menurut Rasulullah. Ajaran yang selalu harus diterapkan bagi Anda yang sedang menjalani sebuah bisnis dengan berdagang yaitu :

  • Harus senantiasa berlaku jujur. Jujur yang Anda lakukan tersebut akan membawa hasil dagangan yang barokkah serta dapat menghidupi keluarganya dengan uang yang jauh lebih halal. Kejujuran dalam berdagang yaitu contohnya dengan berdagang tanpa mengurangi dagangannya sehingga akan menambah keuntungan bagi sang penjualnya. Hal ini sangat merugikan para pembelinya.
  • Selain bersikap jujur Anda juga harus menepati janji terhadap pelanggan, misalnya Anda sudah memberikan janji atau promosi pemotongan harga maka hal itu harus benar-benar Anda jalankan dengan menepatinya.
  • Dalam menjalankan bisnisnya Anda sebaiknya jangan menjualkan produk-produk atau barang yang sudah rusak atau busuk. Haram hukumnya jika Anda menjualkan suatu makanan yang ternyata isinya sudah busuk atau kadaluwarsa.
  • Selain itu dalam ajaran Rasulullah sebaiknya Anda senantiasa menghormati sanga pembeli yang sedang membeli barang yang Anda tawarkan. Dengan bersikap sopan serta menghormati para pelanggannya Anda akan disukai oleh banyak pelanggan. Anda juga akan mendapatkan berkah karena berusaha untuk tidak menyakiti perasaan pelanggan dengan kata-kata yang kasar atau tidak baik.

Demikianlah contoh-contoh cara berdagang atau berbisnis menurut Rasulullah yang seharusnya Anda tiru agar mendapatkan pahala serta hasil yang halal. Sehingga dalam menjalankan bisnis tersebut Anda juga tidak akan mendapatkan masalah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.