LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Buat Para Bunda, Ini Dia Tips Memandikan Bayi yang Benar

Apakah Anda termasuk orangtua baru dan masih merasa takut untuk memandikan bayi Anda? Sebenarnya, memandikan si kecil yang baru lahir bisa dilakukan sendiri tanpa harus menyewa bidan atau meminta bantuan dari yang lain. Namun, tentunya Anda harus memahami apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan sebab tubuh bayi yang baru lahir masih sangat rentan. Jika salah sedikit, akibatnya pun bisa fatal.

Nah, sebelum anda mencobanya, alangkah baiknya jika anda simak dulu beberapa tips memandikan bayi yang benar berikut ini.

  • Gunakan peralatan mandi yang sesuai

Cara terbaik saat memandikan bayi yang baru berusia kurang dari satu minggu adalah dengan menggunakan spons atau kain. Spons atau kain tersebut lalu dibasahi dengan air hangat. Pastikan temperatur air yang akan digunakan benar-benar pas, tidak terlalu panas maupun dingin.

Buat Para Bunda, Ini Dia Tips Memandikan Bayi yang Benar

Buat Para Bunda, Ini Dia Tips Memandikan Bayi yang Benar

Selama seminggu pertama usai kelahiran, Anda cukup membersihkan wajah, tangan, dan area popok pada bayi. Anda bisa menggunakan bantal yang dilapisi handuk saat sedang mengelap tubuh si kecil. Untuk bayi yang sudah lebih besar, Anda bisa menggunakan bak yang dibawahnya diberi lapisan handuk atau spons agar si kecil lebih aman dan merasa nyaman.

Ketika akan memandikan si kecil di dalam bak mandi, Anda sebaiknya telah mempersiapkannya terlebih dahulu agar saat mendekap bayi Anda tidak perlu direpotkan printilan perlengkapan mandi.

  • Pastikan intensitas mandi bayi tidak berlebihan

Intensitas mandi pada bayi harus diperhatikan. Untuk bayi yang baru lahir misalnya, sebaiknya cukup dimandikan 3 kali dalam satu minggu. Hal ini dianjurkan lantaran bayi belum banyak melakukan gerakan serta terkena debu atau kotoran di luar rumah. Jika bayi terlalu sering dimandikan, maka kondisi kulit bayi akan mengalami kekeringan sebab pigmentasi yang sedang tumbuh justru terkikis oleh pH air.

Baca juga : Manfaat Tidur yang Cukup untuk Anak

Namun, apabila si kecil telah cukup banyak bergerak seperti merangkak dan aktivitas lainnya yang mengeluarkan keringat, maka intensitas mandi tentu harus dinaikkan. Selain itu, waktu memandikan bayi sebaiknya jangan terlalu lama, cukup dibawah 5 menit saja. Intinya, jangan membiarkan bayi mandi terlalu lama karena ditakutkan akan bisa menyebabkan demam dan penyakit yang lain.

  • Hindari penggunaan produk bayi yang memiliki bahan kimia

Carilah produk perlengkapan memandikan bayi yang tidak mengandung bahan kimia dan parfum. Ramainya produk bayi yang telah beredar di pasaran, membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam memilihnya untu si kecil. Pastikan produk tersebut benar-benar sesuai dengan kondisi kulit bayi. Mulai dari sabun dan bedak hingga shampoo.

Well, cara memandikan bayi yang benar bisa Anda pelajari dari pengalaman yang dialami. Jadi, Anda tak perlu ragu dan takut untuk memandikannya agar Anda bisa mempraktekkan tips yang telah diberikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.