Bolehkah Membaca Al Quran Saat Haid? Simak Informasinya Berikut

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa darah yang keluar dari rahim wanita yang sedang haid merupakan najis dan tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah seperti sholat dan puasa ( QS Al Baqarah: 222). Namun, bagaimana dengan membaca Al Quran? Bolehkah membaca Al Quran saat Haid?

Nah, berikut telah kami rangkum beberapa pendapat dari beberapa tokoh atau golongan, mengenai boleh tidaknya membaca Al Quran saat haid. Silahkan disimak.

  • Golongan yang Melarang Wanita yang Sedang Haid untuk Menyentuh dan Membaca Al Quran

Rujukan dari para golongan ini tentu berdasarkan hadist yang ada. Menurut pendapat dari golongan ini, Darah yang keluar dari rahim wanita merupakan sesuatu yang kotor dan najis, sehingga menyentuh Al Quran sebagai kitab suci pun juga dilarang. Seperti yang tercantum pada surat Al-Waqiah ayat 79

“Tidak ada yang menyentuh (Al-Qur’an) kecuali mereka yang telah disucikan” [Al-Waqi’ah : 79]

Tak hanya itu para ulama yang berpendapat bahwa wanita yang sedang haid tidak dapat menyentuh dan membaca Al Quran juga diperkuat dengan hadist-hadist lainnya.

Bolehkah membaca Al Quran saat Haid

Bolehkah membaca Al Quran saat Haid

Pendapat ini menjadi pendapat yang banyak dipercayai oleh umat islam di Indonesia. Bagi wanita haid umumnya memang tidak diperbolehkan untuk menyentuh dan membacanya. Namun, sebagaian juga memiliki pemikiran berbeda. Pendapat lainnya mengenai masalah ini juga perlu Anda perhatikan.

  • Golongan yang Memperbolehkan Wanita yang sedang Haid Menyentuh dan Membaca Al Quran

Pendapat selanjutnya yaitu memperbolehkan wanita yang telah haid untuk menyentuh dan membaca Al Quran. Pendapat ini berdasarkan pada beberapa alasan, salah satunya cerita mengenai Aisyah RA yang melakukan ibadah haji saat sedang dalam keadaan haid. Dalam keadaan tersebut Rasulullah tidak melarangnya melakukan aktifitas haji kecuali melakukan thawaf di Ka’bah.

Baca juga : Hukum KB dalam pandangan Islam, Apakah Boleh atau Tidak?

Selain itu pendapat ini diperkuat dengan adanya hadist mengenai Rasulullah yang membaca Al Quran dalam keadaan tidak berwudhu yang diambil dari hadist HR.Al-Bukhary. Serta pernyataan ulama besar yang memperbolehkan wanita yang tengah haid menyentuh dan membaca Al Quran (Fatawa Syeikh Bin Baz 24/344).

  • Golongan yang Memperbolehkan Wanita yang Sedang Haid Membaca Al Quran namun Tidak Boleh Menyentuhnya

Selain dua pendapat yang sangat berlawanan di atas, adapula pendapat yang muncul bahwa wanita yang tengah haid diperbolehkan membaca Al Quran namun tidak untuk menyentuhnya. Sedangkan menyentuh Al Quran yang dimaksud yaitu menyentuh mushaf Al Quran.

Pedapat ini merupakan pendapat yang banyak dipercayai oleh para ulama. Hal ini dikeranakan, sebenarnya tidak ada dalil atau hadist yang benar-benar melarang wanita yang tengah haid untuk membaca Al Quran. Sedangkan hadist yang melarang wanita yang tengah haid menyentuh Al Quran telah diakui keabsahannya. Seperti yang tercantum pada surat Al Waqiah ayat 79.

“Tidak ada yang menyentuh (Al-Qur’an) kecuali mereka yang telah disucikan” [Al-Waqi’ah : 79]

Dimana para ulama menafsirkan bahwa larangan hanya berlaku untuk menyentuh Al Quran bukan untuk membacanya. Dalil inipun diperkuat dengan dalil dan hadist lainnya seperti hadits Al Atsram dari Daruqutni.

Perbedaan pendapat yang muncul mengenai masalah ini tentu saja harus kita hargai. Perbedaan pendapat sangat wajar adanya. Dengan penjelasan di atas, semoga Anda dapat menentukan pendapat Anda sendiri dan tetap menghargai pendapat lainnya.

Baca juga : Hukum Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui Menurut Para Ulama

Sekian informasi yang kami berikan mengenai ulasan tentang bolehkah membaca Al Quran saat sedang haid. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply