LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? 4 Hal Ini Pasti Bisa Membantu Anda

Menentukan jurusan kuliah tidak semudah membalikan telapak tangan. Adapun menyukai satu bidang tertentu, tentunya calon mahasiswa akan diingatkan bahwa jurusan kuliah terkadang dibuat spesifik. Misalnya bagi yang menyukai Bahasa Inggris, Anda bisa memilih bidang sastranya, pendidikannya, teknik terjemahannya, dan lain-lain. Jadi, bingung bukan?.

Tapi tenang saja, 4 hal ini akan membuat Anda bisa menentukan pilihan dengan mudah:

Pilih Jurusan yang Sesuai dengan Minat Anda

Fokus dulu pada apa yang Anda minati. Jika misalnya Anda menyukai hal-hal berupa praktek, dan tidak memulu mengkaji teori, maka pilihlah jurusan yang memang sesuai dengan hal yang Anda sukai. Dengan demikian Anda juga akan lebih senang pula dalam mengkajinya.

Pastikan Jurusan Tersebut Sesuai dengan Kemampuan Anda

Selanjutnya, sesuaikan pula jurusan yang Anda pilih dengan kemampuan Anda serta faktor keuangan. Akan sulit tentunya untuk memilih jurusan kedokteran jika keuangan tidak mendukung. Kecuali jika Anda berpotensi mendapatkan beasiswa. Namun Anda juga perlu mengkondisikan dengan kemampuan Anda pribadi. Jurusan olah raga tentunya kurang pas bagi Anda yang memiliki fisik yang cenderung lemah. Jadi, pertimbangkan point ke dua ini ya.

Sesuaikan dengan Cita-cita Anda

Anda juga perlu menyesuaikan jurusan yang Anda pilih dengan cita-cita Anda. Dengan demikian Anda juga akan lebih bersemangat dalam belajar karena teringat terus akan target dan mimpi Anda.

memilih-jurusan-kuliah

(Sumber foto: Les Matematika Akong)

Perhatikan Prospek Kedepan dari Jurusan yang Akan Dipilihan

Terakhir, pastikan jurusan yang Anda pilih memiliki prospek masa depan yang cerah. Tidak dapat dipungkiri bahwa bidang ilmu dan perguruan tinggi itu dikaji dan dilalui, salah satunya dengan tujuan untuk mendapatkan sebaik-baiknya pekerjaan. Dengan demikian ini bahkan menjadi point yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan dengan matang. Jika belum ada gambaran mengenai prospek kedepan akan jurusan yang ingin Anda pilih, coba konsultasikan dengan guru dan orang tua. Banyak membaca pula di buku atau internet agar jurusan yang Anda pilih tidak akan Anda sesali nantinya.

Jurusan yang dipilih memang cukup berpengaruh pada masa depan Anda nantinya. Meski saat ini banyak pekerjaan diluar bidang yang dikaji, namun ilmu yang didapat dari jurusan yang dituju tentunya lagi-lagi pasti sedikitnya akan tetap berpengaruh pada kehidupan Anda kedepan. Dengan demikian pertimbangkanlah dengan matang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.