Berlibur Ke Obyek Wisata Candi Prambanan

0
23

Berlibur Ke Obyek Wisata Candi Prambanan – Candi Prambanan merupakan satu-satunya candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi yang terletak di Klaten Jawa Tengah ini bisa dibilang merupakan candi paling populer nomer 2 di Indonesia (Nomer 1 Candi Borobudur).

Candi Prambanan merupakan destinasi peninggalan agama Hindu yang terletak di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, Klaten Jawa Tengah. Lokasi ini berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta dan hanya berjarak 50 km dari kota Solo dan sekitar 120 km dari Kota Semarang.

Nah, jika Anda berangkat dari Yogyakarta dan bingung dimana lokasi candi ini, Anda bisa menggunakan Maps pada ponsel Anda atau bisa bertanya pada warga setempat. Pastinya tidak akan sulit menemukan lokasi candi ini.

  • Daya Tarik atau Pesona Keindahan Candi Prambanan

Candi Prambanan yang memiliki tinggi 47 m ini memiliki daya tarik yang tidak kalah dari candi Borobudur, meskipun sama-sama memiliki bangunan yang megah dan luarbiasa sebagai mahakarya peninggalan sejarah.

Wisata Candi Prambanan
Wisata Candi Prambanan

Anda bisa menikmati indahnya bangunan Candi Prambanan yang tinggi menjulang berbentuk seperti pohon cemara yang mengerucut keatas. Anda juga bisa berfoto ria di depan bangunan candi dengan background jajaran candi prambanan yang unik tersebut.

Menurut sejarah, candi Prambanan merupakan legenda dari cerita Roro Jonggrang, Dan menariknya Anda bisa juga mendapatkan detail sejarah candi ini dengan membeli buku panduan candi prambanan yang di dalamnya terdapat cerita-cerita sejarah lengkap candi ini.

Selain memiliki bangunan yang khas, disekitar candi juga terdapat taman-taman dan pohon-pohon hijau yang tertata rapi. Hal itu menambah keindahan candi dan memberikan rasa sejuk serta nyaman saat Anda berkunjung.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Beruntungnya lagi, jika Anda datang ketika bulan purnama karena pengelola sering mengadakan acara Sendratari Ramayana di malam hari. Di acara tersebut Anda bisa merasakan pesona malam hari di sekitaran candi. Lampu-lampu khas berwarna romantis menambah keindahan candi di malam hari ditambah tarian khas jawa yang sangat unik menambah kecintaan Anda kepada budaya yang ada.

  • Fasilitas Wisata di Candi Prambanan

Fasilitas yang bisa Anda gunakan di Candi Prambanan ini pun beragam. Pengelola menyediakan fasilitas agar kunjungan Anda semakin nyaman dan aman. Nah, berikut ini adalah fasiliats-fasilitas yang bisa Anda nikmati di candi Prambanan.

Di candi Prambanan Anda akan disediakan pusat informasi, toilet, mushola atau tempat beribadah, pusat penjual makanan dan oleh-oleh. Selain itu, area parkir yang disediakan di Candi Prambanan sangatlah luas, dan bisa menampung banyak kendaraan. Jika Anda datang bersama rombongan dan berasal dari luar daerah, Anda bisa mendapatkan fasilitas pemandu wisata yang siap memandu wisata Anda.

Di area candi juga terdapat taman-taman yang ditumbuhi rumput hijau serta pepohonan, sehingga Anda bisa bersantai di bawah pohon sambil menikmati pemandangan candi. Nah, jika Anda berasal dari luar daerah, di sekitaran candi Prambanan terdapat hotel ataupun penginapan yang bisa Anda sewa.

Candi ini terdapat museum yang bisa Anda kunjungi lo. Tempat tersebut bisa menambah wawasan sejarah juga. Nah, tempat ini juga terdapat tempat khusus untuk pertunjukan Sendratari Ramayana yang biasanya diadakan setiap bulan purnama.

Baca juga : Wisata Edukasi untuk Sang Buah Hati di Taman Pintar Yogyakarta

  • Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk ke candi Prambanan cukup terjangkau. Tarifnya sama dengan candi Borobudur yaitu Rp. 40.000 untuk dewasa dan anak-anak yang berumur diatas 10th. Sedangkan anak-anak usia 3-10 tahun dikenai tarif Rp 20.000. Namun untuk turis asing berbeda, tiket masuknya Rp. 337.500 untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp. 202.500 per orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.