LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Berikut 8 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Pendidikan Karakter saat ini sudah menjadi salah satu wacana utama, terutama dalam kebijakan nasional bidang karakter pendidikan. Seluruh kegiatan belajar dan mengajar dalam negara Indonesia harus merujuk pada pelaksanaan pendidikan karakter tersebut.

pendidikan karakter

Karena pendidikan sendiri termasuk usaha sadar dan sistematis untuk mengembangkan potensi dari setiap peserta didik. Pembelajaran, pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan kelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi.

baca juga : jangan biasakan menyontek saat ujian

8 Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Religius dan Jujur

Sikap dan perilaku religius ini dengan patuh dalam melaksanakan ajaran Agama dan diyakini memiliki jiwa toleran terhadap pelaksanaan ibadah agam lain. Hidup damai bersama dengan pemeluk agama lain.

Sedangkan nilai jujur termasuk perilaku yang didasarkan pada upaya untuk menjadikan dirinya menjadi manusia yang dapat dipercaya. Baik dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan. Karena dalam pekerjaan bisnis sendiri hal tersebut sangat penting.

Toleransi dan Disiplin

Untuk toleransi ini termasuk sikap dan tindakan dalam menghargai perbedaan etnis, agama, suku, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya. Sedangkan disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku tertib. Patuh pada banyak ketentuan dan peraturan yang ada.

Kerja Keras, Kreatif dan Mandiri

Pendidikan karakter kerja keras termasuk perilaku dan tindakan yang tertib Patut dan patuh pada ketentuan serta peraturan. Untuk kreatif merupakan sikap berpikir dan melakukan sesuatu dalam menghasilkan sebuah hasil baru. Terutama dari sesuatu yang sudah ia miliki.

Sedangkan untuk mandiri, merupakan sikap dan perilaku yang tidak menggantungkan diri kepada orang lain dalam menyelesaikan tugas mereka.

Cinta Damai

Cinta damai ini termasuk sikap dan tindakan yang mendorong seseorang dalam menghasilkan sesuatu yang berguna. Terutama bagi masyarakat, mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.

Faktor dan Fungsi Pendidikan Karakter

Faktor Pendidikan Karakter

Faktor pendidikan karakter dalam konteks lingkungan ini memiliki peran penting. Karena perubahan perilaku dari setiap peserta didik merupakan hasil dari proses pendidikan karakter dan sangat ditentukan pada faktor lingkungan.

Jadi pembentukan dan rekayasa lingkungan sudah mencakup manajemen sekolah, lingkungan fisik dan budaya sekolah. Mencakup kurikulum, pendidik dan metode mengajar. Sedangkan pembentukannya melalui beberapa faktor, seperti keteladanan, intervensi, penguatan, dan pembiasaan yang dilakukan secara konsisten.

Fungsi Pendidikan Karakter

Untuk fungsi pendidikan karakter ini untuk mengembangkan potensi dasar. Dari seorang anak supaya memiliki hati bak, berpikiran baik dan berperilaku baik. Sedangkan fungsinya secara garis besar, untuk memperkuat dan membangun perilaku anak bangsa yang multikultural.

Berfungsi juga untuk meningkatkan peradaban bangsa dan manusia yang baik dalam pergaulan dunia. Selain itu pendidikan karakter dapat dilakukan mulai dari bangku sekolah, berbagi media keluarga, pemerintahan, lingkungan, dunia usaha dan media teknologi.

baca juga : Tips menghadapi persiapan ujian un

Tujuan Pendidikan Karakter

Tujuan dari pendidikan karakter sendiri untuk membentuk bangsa yang tangguh. Bermoral, berakhlak mulia, bertoleransi, bekerja sama dan gotong royong. Dengan adanya pendidikan karakter juga mampu membentuk bangsa memiliki jiwa yang suka menolong sesama atau patriotik.

Berkembang dengan dinamis, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu untuk realisasi, pendidikan karakter di sekolah elah diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri.

Mulai dari kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti pramuka, pengurus OSIS, PMR, Olahraga, seni, keagamaan dan yang lainnya. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka akan mudah dipahami oleh sebagai siswa dan tidak secara langsung merupakan pendidikan karakter yang baik untuk mereka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.