Beberapa Kesalahan Ini Bisa Merusak Karir Anda, Hindarilah!

0
20

Kesalahan yang merusak karir – Ketika sedang meniti karir, anda tentu tidak ingin berbuat kesalahan baik yang disadari maupun tidak yang justru akan merusak kerja keras yang telah dirintis selama ini. Untuk itu, sebaiknya hindari hal-hal berikut ini agar karir anda tetap mulus.

Berbagai Kesalahan yang Merusak Karir

  • Kesalahan yang Tidak Disadari
  • Gagal mempromosikan diri

Kegagalan dalam mempromosikan diri biasanya tidak anda sadari, namun dampaknya langsung anda rasakan dengan karir yang jalan ditempat tanpa ada kemajuan.

  • Hanya mementingkan diri sendiri

Kesalahan kedua ini juga sering anda abaikan. Jika anda hanya memikirkan diri sendiri tanpa peduli dengan kemajuan perusahaan, maka bisa dipastikan karir anda tidak akan pernah berkembang. Maka dari itu, ubahlah cara berpikir anda ke arah sebaliknya. Lakukan hal-hal yang bisa memajukan perusahaan. Jika perusahaan menjadi besar dan berkembang, secara otomatis karir anda pun akan berkembang.

Kesalahan yang merusak karir
Kesalahan yang merusak karir
  • Pemecahan masalah yang buruk

Baik tidaknya kemampuan anda dalam memecahkan suatu masalah, akan berimbas langsung pada kinerja anda. Jika anda tidak cakap menangani suatu masalah, bisa disimpulkan bahwa kinerja anda juga tidak baik.

  • Menolak tawaran mendapatkan posisi baru

Menolak tawaran akan posisi baru membuat anda kehilangan kesempatan belajar dan mencoba hal baru. Padahal sebenarnya, anda pun tidak pernah tahu diposisi mana karir anda akan berkembang.

Alasan menolak posisi baru karena tidak ingin kembali belajar secara tidak langsung juga menunjukkan profesionalitas anda dalam bekerja. Hindarilah kesalahan yang satu ini dengan menanamkan sikap ‘pasti bisa’ ketika menghadapi masalah-masalah baru dalam proses belajar.

Baca juga : Tips Menjadi Karyawan yang Dipercayai Atasan

  • Menolak kritik dan saran

Kritik dan saran bisa menjadi koreksi dalam masa anda berkarir agar semakin berkembang. Jadi, terbukalah dengan semua saran dan kritik membangun karena jika menolaknya, anda akan kehilangan kesempatan untuk menjadi lebih baik.

  • Kesalahan yang Disadari Namun Tetap Dilakukan
  • Sering menggunakan sapaan informal.

Kesalahan ini memperlihatkan bahwa anda kurang profesional dalam lingkungan kerja. Meskipun dengan rekan kerja yang sudah sangat akrab, usahakan untuk selalu profesional. Apalagi jika sedang berada di depan klien, sapalah rekan anda dengan panggilan formal. Anda boleh melepas sapaan formal ketika sedang tidak bekerja.

Walaupun sekedar sapaan, namun ternyata hal ini berpengaruh besar pada pandangan orang terhadap attitude anda. Perusahaan tentu juga akan menilai anda kurang profesional dalam bekerja.

  • Kurang Rapi

Meja yang dibiarkan berantakan akan membuat orang lain menilai anda kurang rapi dalam segala hal termasuk saat bekerja. Perbaikilah kebiasaan ini sedikit demi sedikit agar penilaian orang pada anda pun berubah secara perlahan

Anda bisa memulainya dengan merapikan alat tulis dan file-file yang berserakan di meja. Selain enak dilihat, kebiasaan merapikan meja akan memudahkan anda ketika mencari sesuatu.

  • Sering Mengumbar Masalah Pribadi

Jika anda selalu membicarakan tentang diri sendiri saat dikantor, rekan dan perusahaan akan menganggap anda kurang antusias dan tidak profesional dalam bekerja. Tanpa disadari, mungkin saja  kebiasaan tersebut sebenarnya menganggu rekan anda yang sedang serius bekerja.

  • Perilaku Negatif di Media Sosial

Jangan biasakan untuk mengeluhkan semua hal pada media sosial, termasuk memposting status atau komentar negatif karena akan menjadi senjata makan tuan untuk anda sendiri.

Dengan alasan tidak terhubung dengan atasan di media soisal, bukan berarti anda bisa menulis sesuka hati. Tetap perhatikan norma dan etika karena mungkin saja atasan anda bisa dengan mudah menemukan jejak anda di media sosial. Perilaku negatif di media sosial akan melekatkan citra buruk pada diri sendiri yang secara tidak langsung akan menghambat karir anda.

Baca juga : Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Nah, itulah tadi hal-hal yang sebaiknya anda hindari,  karena merupakan kesalahan yang bisa merusak karir anda. Keahlian dan attitude sama pentingnya dalam dunia kerja, jadi buatlah keduanya tetap selaras. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.