Bagaimana Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

0
8

Ketika hamil ibu sangat mudah merasakan kelelahan, sehingga disarankan untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menguras tenaga. Selain itu, ibu hamil juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar janin tetap dalam keadaan sehat. Lalu bagaimana ketika bulan puasa tiba, sedangkan ibu berpuasa dari pagi sampai petang? Bagaimana hukum puasa ramadhan bagi ibu hamil?

Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil

Puasa merupakan kewajiban seluruh umat islam yang ada di dunia. Dengan puasa maka kita semua akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah sekaligus melaksanakan ibadah yang menjadi salah satu rukun Islam.

Dan terkait hukum puasa untuk ibu hamil, perlu diketahui ibu hamil tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Namun, bukan berarti dilarang, jadi tergantung dari individu masing-masing. Jika memang merasa kuat menjalani puasa dalam keadaan hamil, maka diperbolehkan untuk menjalankan puasa. Namun jika memang dirasa tidak kuat dan keadaan tidak memungkinkan untuk melakukan puasa, maka ibu hamil diperbolehkan tidak menjalankan puasa.

Baca juga : Apa Saja Syarat Sah Puasa Ramadhan?

Untuk ibu hamil yang merasa mampu untuk menjalankan ibadah puasa, maka ada beberapa tips berikut agar bisa tetap kuat dan fit dalam menjalankan puasa.

Tips Menjalankan Puasa Untuk Ibu Hamil

  1. Perhatikan Asupan Gizi

Ibu hamil hendaknya memperhatika asupan gizi ketika akan melakukan puasa. Jangan sampai ketika menjalankan puasa ibu merasa lemas dan nantinya akan berdampak buruk kepada janin yang dikandung. Usahakan selalu minum susu agar janin dalam keadaan sehat alaupun ibu berpuasa seharian. Selain itu, makan makanan yang mengandung banyak vitamin juga dapat membantu mempertahankan kesehatan ibu dan janis selama berpuasa.

Hindarilah makan makanan yang berlemak  karena nantinya dapat membuat ibu mual dan muntah. Sehingga puasa ibu pada hari itu bisa batal.

Bagaimana Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
Bagaimana Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
  1. Istirahat Cukup

Ibu hamil sering mengalami kelelahan dengan cepat, untuk itu ketika berpuasa hendaknya ibu hamil mengatur jadwal istirahatnya agar tubuh tetap dalam keadaan sehat. Hendaknya ibu tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat yang dapat menguras tenaga. Lakukan aktivitas seperlunya agar tubuh tetap kuat.

  1. Jaga Asupan Cairan

Ketika berpuasa hendaknya ibu selalu menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi dan membahayakan janin. Tipsnya ketika berbuka dan sahur, konsumsilah air putih yang banyak agar kuat dalam menjalankan puasa. Air putih dapat menghindarkan anda dari dehidrasi dan kekurangan cairan, sehingga tubuh akan tetap fit dan sehat salama menjalankan ibadah puasa.

  1. Riwayat Kesehatan

Sebelum memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa, hendaknya ibu hamil mengkonsultasikan masalah kesehatannya kepada dokter. Jika dokter menyarankan agar ibu tidak puasa karena keadaan yang tidak memungkinkan, maka sebaiknya ibu tidak menjalankan puasa. Namun jika tidak ada riwayat kesehatan yang membahayakan ibu dan anak, maka ibu hamil bisa melakukan ibadah puasa. Jangan sampai ibu memaksakan untuk puasa padahal kondidi tidak memungkinkan. Karena kesehatan ibu akan berpengaruh besar terhadap keselamatan janin yang dikandung.

  1. Mengontrol Aktivitas

Selama hamil dan sedang menjalankan puasa, hendaknya ibu selalu mengontrol aktivitas yang dilakukan. Jangan sampai ibu merasa kelelahan dan akhirnya timbul stress. Hal itu hanya akan mengganggu kesehatan janin dan ibu tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.

Baca juga : Apa Saja Rukun Puasa Ramadhan

Bagaimana sudah paham ya, terkait hukum ibu hamil menjalankan ibadah puasa. Semoga dari info di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.