LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Aspek Penting Dalam Memilih Pekerjaan yang Tepat

KeluargaSamawa.com – Memilih pekerjaan yang tepat dengan latar belakang pendidikan dan minat anda dalam bekerja sangatlah penting. Karena pekerjaan anda akan menentukan stasus social anda, masa depan anda dan kebahagiaan anda. Maka dari itu, sebaiknya dalam memilih kerja tak boleh sembarangan. Ada beberapa aspek penting dalam memilih pekerjaan yang tepat yang perlu anda ketahui dan terapkan. Nah, apa sajakah itu?

  1. Minat dan Bakat

Ketahuilah akan minat dan bakat anda sendiri. Pernah mendengar istilah “passion dalam bekerja?”. Latar belakang pendidikan bukan menjadi pertimbangan utama dalam memilih pekerjaan.

Contohnya, ada seorang lulusan fakultas kedokteran. Tetapi dia menyukai dunia sales dan marketing, sejak muda aktif berjualan apa saja yang bisa dijual. Akhirnya dokter tersebut memutuskan bekerja full time sebagai agen asuransi yang sangat sukses. Adakah kasus seperti ini? Banyak!

Baca juga : Tips Supaya Pekerjaan tidak Menjadi Beban

  1. Reputasi Perusahaan

Bekerja di perusahaan yang sudah memiliki reputasi yang baik merupakan dambaan para pencari kerja. Merupakan kebanggan dan prestis, bekerja di perusahaan asing atau multi nasional.

Gaji, fasilitas dan kesejahteraan karyawan pasti lebih baik dibandingkan perusahaan pada umumnya. Hal ini juga berdampak positif untuk CV anda jika anda ingin pindah bekerja, perusahaan lain akan memberi nilai tinggi, saat melihat tempat anda bekerja sebelumnya.

memilih pekerjaan tepat

memilih pekerjaan tepat

  1. Pengembangan Karir

Anda juga harus jeli melihat apakah ada kesempatan anda untuk mengembagkan karir? Pengembangan karir sangat penting, tidak hanya berkaitan dengan penghasilan saja. Tetapi aktualisasi diri seseorang.

Perusahaan  besar biasanya akan memberi peluang yang sama untuk karyawanya dalam mengembangkan karir. Menerapkan sistem KPI dan tools lain sebagai tolak ukur kinerja karyawanya.

Anda juga bisa melihat program-program dan reward apa saja yang telah diberikan perusahaan untuk karyawan berprestasinya. Perusahaan yang sering memberikan training dalam dan luar negeri bisa menjadi aspek penting dalam memeilih pekerjaan yang tepat untuk anda.

  1. Lingkungan Pekerjaan

Lingkungan kerja yang kondusif akan meningkatkan produktifitas kerja anda. Ada penelitian  mengapa seseorang karyawan berpindah-pindah tempat bekerja? Jawabanya lingkungan kerja yang tidak kondusif dan rekan kerja yang tidak kooperatif.

Perusahaan bonafit dan penghasilan tinggi bukan jaminan karyawan betah bekerja. lingkungan pekerjaan dan rekan kerja memiliki peran yang penting. Lingkungan kerja yang kondusif dan rekan kerja yang menganut prinsip kekeluargaan menjadi aspek penting dalam memilih pekerjaan yang tepat.

Baca juga : Tips Agar Segera Bisa Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

  1. Peraturan Manajemen

Hal ini baru bisa anda ketahui pada saat anda sudah masuk di perusahaan tersebut. Pahami setiap aturan kerja dan tata tertib yang ada, hak dan kewajiban anda sebagai karyawan, fasilitas dan kesejahteraan anda karena ini menyangkut kesehteraan dan masa depan anda.

Tips-tips diatas semoga menjadi bahan pertimbangan anda yang sedang mencari pekerjaan atau juga ingin berpindah tempat kerja. Beberapa aspek utama seperti minat dan bakat, reputasi perusahaan, pengembangan karir dan lingkungan pekerjaan adalah aspek penting dalam memilih pekerjaan yang tepat.

Baca juga : Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

Semoga sukes selalu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.