LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Apakah Pernikahan Beda Agama Di Perbolehkan Dalam Islam?

Pernikahan merupakan proses pengikatan janji suci dua insan manusia yang ingin mengarungi kehidupan bersama dan membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Nah, bicara tentang pernikahan, seperti judul yang anda lihat di atas, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas topik tentang pernikahan beda agama dalam pandangan Islam. Oke, langsung saja berikut ini silahkan disimak ulasan lengkapnya.

Landasan Utama Memilih Pasangan dalam Islam

Beberapa landasan utama memilih pasangan menurut ajaran islam yaitu:

  1. Al-Quran
  • Al-Baqarah: 221 : Larangan menikahi wanita musyrik sebelum beriman, bahkan budak yang beriman lebih baik dibandingkan wanita yang musyrik karena wanita yang musyrik dapat mengajak ke neraka.
  • An-Nur: 26 : Pemilihan pasangan sesuai dengan cerminan diri sendiri. Wanita yang sholihah untuk lelaki yang sholih, begitu pula sebaliknya, wanita yang keji untuk laki-laki yang keji.
Apakah Pernikahan Beda Agama Di Perbolehkan Dalam Islam Berikut Penjelasannya

Apakah Pernikahan Beda Agama Di Perbolehkan Dalam Islam Berikut Penjelasannya

 

  1. Hadits

Sebuah hadits riwayat Bukhori Muslim menyebutkan bahwa ketika seorang laki-laki hendak menikahi seorang wanita, terdapat 4 hal yang harus dijadikan pertimbangan yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya atau agamanya. Namun disini perkara yang penting terletak pada agamanya.

Baca juga : Kriteria Istri yang Sholihah Menurut Islam

Dari beberapa landasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan seputar aturan islam dalam memilih pasangan yaitu:

  1. Larangan menikahi pasangan yang musyrik sebelum ia beriman

Dengan melihat pada QS al-Baqoroh ayat 221 di atas bahwa islam melarang untuk menikahi wanita yang masih belum beriman. Hal ini dikarenakan keluarga adalah pondasi utama dalam menanamkan ajaran islami, maka dikhawatirkan jika seorang muslim menikahi seseorang non muslim akan menyebabkan lemahnya pondasi tersebut karena kesulitan untuk menstabilkan kadar keimanannya, bahkan bukan tidak mungkin pondasi tersebut akan hancur.

  1. Pemilihan pasangan berdasarkan pada akhlak pasangannya

Ketaatan seseorang terhadap ajaran agamanya akan tercermin pada akhlaknya sehari-hari. Pada  QS. An-Nur: 26 di atas dijelaskan bahwa wanita yang baik untuk lelaki yang baik, begitu pula sebaliknya. Hal ini menandakan bahwasanya allah menjanjikan pasangan yang sepadan untuk menjadi pendampingnya. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan pasangan yang baik, maka jadilah orang baik terlebih dahulu.

Jika kebaikan ini dikaitkan dengan ajaran agama tentunya akan ditemukan beberapa perbedaan. Standar baik buruk untuk masing-masing kepercayaan berbeda. Misalnya islam mengajarkan bahwa daging babi adalah haram. Namun hal ini tentu berbeda bagi kepercayaan agama lain.

  1. Pemilihan pasangan berdampak pada nasib kita di hari akhirat kelak

Dalam QS al-Baqoroh ayat 221 disebutkan bahwasanya hendaknya dalam memilih pasangan kita berhati-hati. Akan lebih baik jika kita memilih pasangan yang seiman karena dikhawatirkan jika tidak seiman maka akan ada perbedaan prinsip yang nantinya berdampak pada masa depan kita di akhirat. Jika iman kita lemah, sangat mungkin dikhawatirkan justru akan berujung pada pindah keyakinan dan menjerumuskan kita pada neraka yang amat pedih.

Pernikahan Beda Agama

Jika melihat dari beberapa penjelasan di atas, maka islam melarang pernikahan beda agama dengan tujuan untuk menjaga keyakinannya agar tidak goyah serta  dapat  menjaga dan menerapkan nilai-nilai islam dalam keluarganya nanti tanpa rasa khawatir.

Baca juga : Menjadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Dalam beberapa hadits yang menceritakan tentang pernikahan nabi dan para sahabat, mereka juga memberi teladan untuk menikahi wanita yang seiman. Adapun jika mereka adalah wanita ahlul kitab ataupun wanita non-islam maka meskipun pada awalnya pihak wanita berkeyakinan lain, namun pada akhirnya mereka mengikuti dan berikrar syahadat terlebih dahulu barulah kemudian dilangsungkan pernikahan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.