Apa Saja Syarat Sah Puasa Ramadhan?

0
134

Menjalankan ibadah puasa, sejatinya tidak hanya menahan makan dan minum dari terbit fajar sampai tenggelam matahari saja. Namun sebagai seorang muslim yang sejati, hendaknya harus mengetahui apa saja syarat-syarat puasa ramadhan tersebut, supaya puasa yang dilakukan diterimaNYA. Nah, buat anda yang belum tahu apa saja Syarat Sah Puasa Ramadhan, berikut kami bagikan informasi lengkapnya. Sebelumnya, perlu dipahami bila syarat puasa dibagi menjadi 2, yaitu syarat sah dan syarat wajib puasa.

  • Syarat Sah Puasa Ramadhan

Syarat sah puasa ramadhan adalah sebagai berikut :

  1. Islam

Syarat sah puasa yang pertama adalah harus bergama islam. Jika seseorang itu murtad, maka puasa yang sedang dijalaninya batal.

  1. Berakal / Tidak Gila Mumayyiz

Puasa hanya diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki akal sehat dan juga tidak gila. Namun, jika seseorang tersebut memiliki penyakit mental, maka tidak wajib baginya untuk melakukan ibadah puasa.

Syarat Sah Puasa Ramadhan
Syarat Sah Puasa Ramadhan
  1. Mumayyiz

Syarat Sah Puasa Ramadhan selanjutnya yaitu Mumayyiz memiliki arti dapat membedakan mana hal yang baik mana hal yang buruk. Batasan usia seorang anak yang diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa adalah pada usia 10 tahun, Jika ia tidak puasa padahal usianya sudah memenuhi syarat untuk berpuasa, maka orangtua wajib menegur bahkan memukul anaknya yang tidak berpuasa. Hal ini bertujuan agar anak bisa dididik dan ditanamkan ilmu agama sejak dini.

  1. Tidak Dalam Keadaan Haid dan Nifas

Bagi kaum wanita bisa dikatakan puasanya sah ketika ia tidak sedang dalam keadaan haid maupun nifas. Dan jika ditengah-tengah puasanya ia mengalami menstruasi, maka ia harus membatalkan puasanya dengan segera dan wajib baginya untuk mengganti puasanya di kemudian hari.

  1. Menahan diri Dari Hal yang Membatalkan Puasa

Hendaknya ketika anda sedang menjalankan puasa maka hindarilah hal-hal yang dapat membuat puasa anda batal seperti makan, minum, haid danmasih banyak lagi. Karena ketika anda sengaja membatalkan puasa maka wajib hukumnya mengganti puasa tersebut di lain hari.

Baca juga : Ketahui Penyebab Puasa Menjadi Sia-Sia atau Berkurang Pahalanya

  • Syarat Wajib Puasa

Jika anda sudah memahami apa saja syarat sah puasa, maka tidak afdhol jika anda tidak mengetahui apa saja syarat wajib puasa ramadhan itu. Yuk langsung saja intip penjelasannya berikut ini.

  1. Akil Baligh

Syarat wajib puasa yang pertama adalah seorang muslim harus sudah berusia baligh. Berbeda dengan anak-anak yang masih di bawah umur, sehingga mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bagi orangtua yang sudah memiliki anak dengan usia baligh, maka wajib baginya untuk selalu mengingatkan sang anak jika ia tidak berpuasa. Jika perlu orangtua harus tegas, agar anak dapat mengerti apa saja kewajiban sebagai seorang muslim.

  1. Berakal

Sama seperti syarat sah puasa, syarat wajib puasa juag mengharuskan seorang muslim memiliki akal yang sehat dan tidak gila. Karena dengan akal yang sehat maka seseorang dapat menjalankan ibadah dengan khusuk dan benar.

  1. Mampu Untuk Menjalankan Ibadah Puasa

Mereka yang diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa adalah mereka yang dirasa mampu untuk menjalaninya. Kemampuan yang dimaksud dalam hal ini adalah kemampuan dalam hal syar’i dan juga fisik. Untuk mereka yang tidak mampu dalam hal fisik adalah para orangtua dengan usia senja dan sakit yang tidak sembuh-sembuh. Untuk yang tidak mampu seara syar’i adalah para wanita yang sedang dalam keadaan nifas maupun haid.

Baca juga : Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Demikian diatas informasi terkait Syarat Sah Puasa Ramadhan, nah semoga info yang kami bagikan diatas bermanfaat dan bisa menambah ilmu agama kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.