Apa Saja Rukun Puasa Ramadhan

0
26

Puasa adalah salah satu ibadah wajib/rukun islam yang dilakukan oleh seluruh umat islam selama satu bulan, dalam setahun. Puasa sendiri memiliki arti menahan makan dan minum dari menjelang subuh sampai dengan maghrib. Namun, bukan hanya menahan makan dan minum saja ya, tetapi juga terdapat Rukun Puasa Ramadhan serta syarat sahnya puasa yang harus diketahui dan diterapkan.

  •  Mengenal Rukun Puasa Ramadhan

Terdapat 2 rukun puasa Ramadhan, yaitu niat dan menahan diri dari segala macam apapun yang dapat membatalkan seseorang dari ibadah puasanya. Nah, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Niat

Niat merupakan rukun puasa yang pertama, di mana niat adalah suatu keinginan yang ada di dalam hati manusia. Seseorang yang akan melaksanakan ibadah puasa hendaknya memiliki niat untuk berpuasa pada malam harinya sebelum puasa itu dimulai. Niat merupakan hal yang terpenting dalam melaksanakan ibadah puasa, Niat menjadi salah satu syarat yang menentukan apakah puasa seseorang sah atau tidak. Maka dari itu, mulai sekarang jangan sampai anda melupakan niat ketika akan berpuasa.

Baca juga : Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan

  1. Menahan Diri Dari Apapun yang Dapat Membatalkan Puasa

Rukun puasa yang kedua adalah dengan menahan diri dari hal apapun yang dapat membuat puasa anda batal. Jika seseorang tidak bisa menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa  tersebut, maka dianggap puasanya tidak sah dan batal. Lalu apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa?. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Rukun Puasa Ramadhan
Rukun Puasa Ramadhan
  • Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa
  • Makan Minum secara Sengaja

Sudah dipastikan bahwa puasa seseorang itu batal, jika ia makan dan minum secara sengaja sebelum waktu berbuka puasa tiba. Namun jika seseorang itu lupa bahwa ia sedang puasa sedangkan ia dalam keadaan sudah makan atau minum, maka puasanya bisa dianggap tidak batal dan ia bisa melanjutkan puasanya kembali pada hari itu. Selain itu, seseorang yang tidak sengaja membatalkan puasa, maka ia tidak wajib mengganti puasanya di kemudia hari.

  • Haid dan Nifas

Hal yang dapat membatalkan puasa yang kedua ini dikhususkan hanya untuk kaum hawa saja.Karena setiap bulan pasti mereka mengalami apa yang namanya menstruasi, dan ketika mereka mengalaminya, maka tidak sah jika menjalankan puasa. Selain itu bagi para ibu yang sedang dalam keadaan nifas, maka tidak sah baginya jika menjalankan ibadah puasa.

  • Muntah dengan Sengaja

Ketika seseorang muntah dengan sengaja, maka bisa dipastikan bahwa puasanya pada hari itu tidak sah atau batal. Namun jika ia tidak sengaja melakukannya, maka ia tidak wajib untuk mengganti puasanya dikemudian hari.

  • Hubungan badan suami istri

Hal yang dapat membuat puasa batal yang terakhir adalah adalah Hubungan Badan Suami Istri. Sudah bisa dipastikan ketika seseorang melakukan hubungan badan dengan suaminya atau istrinya, maka akan ada hawa nafsu yang keluar, sementara puasa sendiri memiliki arti menahan hawa nafsu. Maka dari itu, jika seseorang melakukan hubungan badan dengan istri atau suaminya disiang hari, maka puasanya bisa dikatakan batal dan wajib baginya untuk mengganti puasa tersebut di lain hari.

Baca juga : Apa Saja Syarat Sah Puasa Ramadhan?

Nah itulah terkait rukun puasa Ramadhan yang wajib diketahui sebagai seorang muslim beserta apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa seseorang. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadikan kita sebagai orang yang mendapatkan banyak pahala di bulan suci Ramadhan, serta bisa mengamalkan hal-hal baik untuk selanjutnya, bukan hanya pada saat bulan puasa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.