LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Apa Itu Penyakit Kanker, Bagaimana Tanda-Tandanya?

KeluargaSamawa.com – Sebenarnya apa itu penyakit kanker? Penyakit kanker merupakan penyebab kematian yang paling terkenal di dunia. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kanker sama dengan tumor. Padahal sebenarnya tidak semua jenis tumor merupakan kanker. Tumor sendiri adalah benjolan yang terdapat pada tubuh manusia baik itu benjolan normal ataupun abnormal. Dan dalam dunia medis saat ini, ada dua jenis tumor yang berkembang, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Nah, kanker adalah sebutan yang diberikan untuk tumor ganas tersebut.

Umumnya kanker meyerang orang yang berusia sekitar 40 tahunan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang remaja di usia 20an bahkan anak-anak. Nah, melihat fakta diatas, tentunya sangat penting mengetahui lebih mendalam terkait apa itu penyakit kanker. Dengan begitu, kita bisa melakukan tindakan yang tepat sedini mungkin sebagai usaha pencegahan.

Tanda-Tanda Penyakit Kanker yang Wajib Anda ketahui

  1. Perubahan Pada Kulit

Biasanya ini untuk kasus kanker kulit. Kanker jenis ini biasanya ditandai dengan adanya perubahan warna pada kulit akibat hiperpigmentasi.  Selain itu biasanya pertumbuhan rambut pada kulit yang banyak serta memar pada kulit tanpa adanya penyebab yang jelas. Biasanya penderita juga akan mengalami kekuningan pada bagian kulit dan mata.

Apabila terdapat benjolan pada kulit yang tidak segera hilang juga patut untuk diperhatikan. Biasanya adanya benjolan pada area kulit diakibatkan oleh perubahan dari kelenjar getah bening akibat infeksi. Namun, benjolan ini bisa juga merupakan penyakit kulit biasa, tidak terkait dengan kanker. Untuk itu, agar lebih jelasnya anda harus memeriksakan diri ke dokter  apabila terdapat tanda-tanda mencurigakan.

Baca juga : Gejala-gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai

  1. Perubahan Pada Payudara

Gejala yang sering terjadi yakni putting melesak, kerutan pada kulit payudara, serta puting payudara mengeluarkan cairan. Gejala ini dapat terjadi pada pria ataupun wanita. Namun untuk kanker jenis ini, wanita punya potensi lebih tinggi dari pada pria.

Apa Itu Penyakit Kanker

Apa Itu Penyakit Kanker

  1. Perubahan Pada Mulut

Adanya bercak kemerahan  ataupun putih pada mulut dan lidah. Kondisi ini disebut juga dengan leukoplakia. Leukoplakia adalah kondisi dimana akan terjadi timbulnya kanker yang diebabkan iritasi berkali-kali.  Hal ini biasanya menimpa pada perokok aktif. Zat yang terdapat pada tembakau dapat memicu timbulnya kanker tersebut.

Baca juga : Tips Mencegah Hipertensi dengan Mudah

  1. Demam Berkepanjangan

Demam berkepanjangan dapat juga disebabkan adanya indikasi penyakit leukemia atupun kanker darah. Hal ini dapat disebabkan karena penanganan kanker terhadap sistem kekebalan tubuh.

  1. Rasa Sakit Pada Bagian Tubuh Tertentu

Nyeri pada bagian tubuh tertentu dapat juga sebagai gejala kanker. Misalnya nyeri pada kepala dapat mengindikasikan adanya tumor otak. Nyeri pada punggung dapat mengindikasikan adanya gejala kanker ovarium, dubur, ataupun usus.

  1. Pendarahan Di Antara Waktu Menstruasi

Ini tentu saja terjadi pada wanita, apabila terjadi pendarahan diantara waktu menstruasi, maka anda perlu waspada, bisa jadi hal tersebut merupakan  tanda-tanda kanker endometrium atau kanker dinding Rahim.

Baca juga : Beberapa Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat

Nah, itulah beberapa gejala kanker yang dapat anda deteksi sendiri. Sekarang sudah jelas bukan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apa itu penyakit kanker. Sebaiknya, jika mengalami hal diatas, jangan ragu untuk segera memeriksakan ke rumah sakit terdekat. Salam sehat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.