Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan

0
26

Sebagaimana yang kita tahu, bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan spesial yang kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh Indonesia. Sebab didalam bulan itu, terdapat banyak keistimewaan/keutamaan bulan Ramadhan  dan banyak pahala yang bisa didapatkan.

Di bulan ramadhan juga sangat disarankan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah, karena meskipun hanya sunnah, tetap saja mendapat pahala melimpah sebab di bulan tersebut semua pahal bisa berkali lipat. Nah, kira-kira Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan,  Penasaran? Yuk simak informasinya berikut ini.

Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan :

  1. Memperbanyak Tadarus Al-Quran

Amalan sunnah yang bisa anda lakukan dan mendatangkan banyak pahala berlipat ganda ketika puasa adalah dengan tadarus Al-Quran. Jika perlu anda bisa mencari guru mengaji agar bisa membimbing anda ketika tadarus dan juga bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan sangat merugi bagi orang-orang muslim yang tidak bisa memanfaatkan waktunya ketika bulan suci ramadhan tiba, maka dari itu, selalu luangkan waktu anda untuk bertadarus, agar puasa lebih berkah.

Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan
Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan
  1. Memberi Makan dengan Ikhlas pada Orang yang Berbuka

Amalan yang mendatangkan pahala berlipat kedua di bulan suci ramadhan adalah dengan memberikan makanan untuk orang-orang yang sedang berpuasa. Dalam hadist sudah disebutkan, barangsiapa yang memberikan makanan pada orang yang berbuaka puasa, maka pahala baginya seperti orang yang sedang berpuasa tersebut. Selain itu, memberi makan juga akan tercatat sebagai amalan sedekah untuk anda. Yang pasti perbanyaklah bersedekah di bulan suci ramadhan agar pahala anda dapat berlipat ganda dan mendapat ridho Allah.

  1. Perbanyak Amalan/Ibadah untuk Mendapatkan Lailatul Qadar

Bulan suci ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa karena di dalamnya terdapat malam kemuliaan yang hanya terjadi sekali saja yaitu malam lailatul qadar. Nabi Muhammad memerintahkan kepada umatnya untuk mencari malam itu di 10 hari terakhir di bulan suci ramadhan. Maka dari itu, perbanyaklah ibadah dan sholat malam ketika akhir puasa ramadhan agar anda mendapatkan malam kemuliaan ini.

Baca juga : Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

  1. I’tikaf

Beri’tikaf juga merupakan amalan sunnah yang bisa anda lakukan ketika menjalankan ibadah puasa. I’tikaf sendiri merupakan berdiam diri di dalam masjid dengan niatan untuk beribadah kepada Allah. Nabi Muhammad pernah beri’tikaf di awal bulan ramadhan, pertengahan bulan ramadhan juga di 10 hari terakhir ramadhan agar mendapat syafaat yang luar biasa dari Allah. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengamalkan amalan sunnah yang satu ini, padahal pahalanya sangat luar biasa untuk mereka.

  1. Umrah

Umrah juga bisa menjadi salah satu amalan sunnah yang bisa anda lakukan ketika menjalankan puasa di bulan suci ramadhan. Ketika seseorang menjalankan umrah di bulan suci ramadhan, maka niatnya sama terhitung seperti ia melakukan haji. Maka dari itu jika anda memiliki rezeki yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk melakukan amalan sunnah yang satu ini. Namun jika belum memiliki rezeki yang memadai untuk umrah, jangan berkecil hati, masih banyak sekali amalan sunnah lain yang bisa dikerjakan selama bulan suci ini.

Baca juga : Apa Saja Syarat Sah Puasa Ramadhan?

Nah, itulah diatas Amalan Sunnah Apa Saja di Bulan Suci Ramadhan, tentunya masih banyak sekali amalan lain yang juga perlu dikerjakan.  Intinya, niatkan semua aktivitas positif kita untuk beribadah dan mendapatkan ridhoNYA, maka InsyaAlloh akan banyak pahala yang bisa didapat. Amin..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.