RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Air Terjun Lembah Bongkok, Surga Tersembunyi di Tanah Tuban Jawa Timur

Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Timur pada akhir pekan ini, tak ada salahnya mengunjungi satu destinasi wisata alam di daerah Kabupaten Tuban.

Adalah air terjun Lembah Bongkok, sebuah wisata air terjun yang menyuguhkan keindahan panorama alami yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat untuk sejenak melepaskan penat setelah rutin beraktivitas selama satu minggu full.

  • Lokasi Air Terjun Lembah Bongkok

Air terjun Lembah Bongkok terletak di Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Propinsi Jawa Timur yang berjarak kira-kira 30 kilometer dari pusat Kota Tuban.

Awalnya, tak banyak orang yang tahu bahwa terdapat pesona air terjun Lembah Bongkok di Desa Jetak. Hal ini dikarenakan letaknya yang cukup tersembunyi dan jauh dari pemukiman warga.

Air Terjun Lembah Bongkok

Air Terjun Lembah Bongkok

  • Akses Menuju Air Terjun Lembah Bongkok

Objek wisata air terjun Lembah Bangkok sebenarnya sudah lama ada. Akan tetapi, mengingat letaknya yang berada di daerah terpencil sehingga spot ini sulit ditemukan. Ditambah lagi akses jalan yang kurang memadai karena tidak adanya angkutan umum yang bisa membawa pengunjung ke lokasi air terjun.

Akses menuju air terjun Lembah Bongkok hanya bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, sedangkan mobil belum dapat mengakses lokasi wisata ini. Pasalnya, akses jalan yang tersedia masih berupa tanah yang belum diaspal sepanjang 2 km dari pintu masuk Desa jetak ke titik wisata yang dituju.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi, maka Anda harus mearkirkan mobil di ujung jalan beraspal lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun, bagi pecinta alam sejati tentunya hal ini tak akan menjadi masalah besar.

Tantangan yang lebih berat akan dihadapi saat musim penghujan tiba. Hujan yang mengguyur akan membuat jalanan tanah menjadi licin dan becek sehingga cukup berbahaya jika dilewati oleh sepeda motor sekali pun. Sebaiknya Anda berjalan kaki saja menuju air terjun.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

  • Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Bangkok

Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang, rasa lelah Anda akan terbayar dengan panorama air terjun Lembah Bangkok yang eksotis. Air terjun ini tidak begitu tinggi seperti air terjun lain pada umumnya dengan ketinggian yang tidak sampai 20 m. Bentuk air terjunnya pun cukup unik dengan gundukan bebatuan yang tak terlalu tinggi. Mungkin dari sanalah air terjun ini dinamai Lembah Bongkok.

Di air terjun Lembah Bongkok ini terdapat 2 air terjun yang bersebelahan. Wisatawan yang datang biasanya menghabiskan waktu untuk mandi di bawah guyuran air terjun di ujung tebing. Ada juga yang menaiki lembah batu yang ada di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik Anda selama di lokasi ini, ya!

Air Terjun Lembah Bongkok 2

Air Terjun Lembah Bongkok 2

Namun, perlu diperhatikan bahwa keselamatan diri harus selalu dinomor satukan. Lembah berbatu yang dialiri air tersebut berpotensi licin dan dapat membahayakan orang yang menaikinya. Jadi, selalu berhati-hati, ya!

 

  • Tips Saat Berwisata di Air Terjun Lembah Bongkok

Jika Anda berniat untuk mengeksplor keindahan air terjun Lembah Bongkok yang berlokasi di Tuban ini, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan. Keindahan alam air terjun Lembah Bongkok adalah milik semua orang, jadi semua orang berhak menikmatinya. Hindari membuat kerusakan di lokasi air terjun, misalnya dengan membuang sampah sembarangan.

Baca juga : Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi, Surganya Pecinta Flora Fauna

Jika Anda membawa bekal makanan dan minuman, bawa kembali sampah plastik Anda, sehingga kebersihan air terjun akan selalu terjaga. Jangan lupa membawa bekal yang mencukup selama perjalanan karena lokasi wisata ini cukup jauh dari akses penjual makanan atau minuman.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.